Budzaemon Uncensored!: Okinikutau

all about budzaemon & uncensored....

Monday, October 08, 2007

Okinikutau

Dulu ketika masih kuliah di kampus yang lama, ada seorang temen gw yang ternyata usianya cukup jauh lebih tua daripada kita-kita mahasiswa reguler. Walaupun masuk secara bersamaan dan satu angkatan, perbedaan usia yang cukup jauh tersebut membuat gw dan temen2 gw memanggil dia dengan sebutan 'Babeh' (yang sebenernya bentuk halus dari kata 'tua' atw 'toku' halaah, sori Beh)... Yang kadang gw gedeg dgn nih orang kayaknya males banget partisipasi klo ada acara-acara yang berbau politik kampus, lebih sering nongkrong di stasiun UI ketimbang join ma kita2x.. itu dulu...
***
Beberapa hari yang lalu, di tengah2 Ramadhan kampus yang sekarang gw sedang gencar2nya melakukan suksesi kepemimpinan senat. Mulai dari jurusan sampe fakultas seolah2 kompak menyemarakkan pesta politik demokrasi level kampus ini. Setiap hari tidak ada kata tenang di kampus, ada aja Musyawarah Mahasiswa atw Musma yang identik dengan rapat terbuka dan berisi orang2 kritis (atw bahkan sok kritis) marah2 di depan mic. Perdebatan pun udah jadi bumbu telinga setiap hari di kampus. Ketika giliran fakultas gw yang melakukan suksesi, well sebagai gw sebagai mahasiswa yang kesadaran politiknya rendah, gw ga peduli dengan semua itu, kadang gw cuma bisa 'mengasihani' temen2 gw yang sok kritis buang-buang tenaga dan pikiran (dan mengasihani diri gw sendiri, karena dulu gw seperti itu) demi sebuah permainan politik kosong. Malam menjelang pencoblosan, bujuuuuugg HP gw berbunyi beberapa kali, ternyata dari beberapa temen gw yang terekrut menjadi tim-tim sukses para calon 'pemimpin'.
"Bud, besok nyoblos, jangan lupa ya, nomor anu Bud, anakanya asik, suka nongkrong juga...temen gw tuh"
"AsswrWb, Budiiiii, besok Budi nyoblos siapa? aku saranin nyoblos si itu aja Bud, no itu, insya allah istiqomah..."
"Woy Bro, pa kabar? Besok nyoblos ga? no ini aja yah.. temen gw tuh.., jangan lupa bawa KTM"
Reaksi gw? "Yahh gampang2x... "
Padahal dari lubuk hati yang paling dalam, gw bener2 ga peduli.. buat gw sekarang yang penting sekarang kuliah yang rajin, yang bener, kerjain tugas, palagi Ramadhan2 gini males bgt ngorbanin waktu cuma buat politik2an ga jelas gitu, mendingan nongkrong di mesjid kampus, niatin itikaf.
Selepas tarawih di masjid kampus (kebetulan hari itu gw kul malem, jadi gw ikut tarawih di kampus, tekad gw udah bulet, Ramadhan ini gw ga mau tarawih gw ada bolongnya), gw pun sempet mampir ke tempat pencoblosan yang sedari sore sudah ramai, bahkan ketika tarawih berlangsung sayup2 suara 'politik' juga terdengar sampai ke masjid...
"Budiiii, nyoblos juga donk?"
"Wah ga tau nih Yunk... udah tarawih belum?" "Hi3x.. belum nih..."
"Tuh kan ngejar kayak ginian, ngorbanin tarawih, sayang Yunk, Ramadhan nih.."
"Ya abis gimana lagi.."
Hari semakin larut, sementara pencoblosan belum juga mulai, masih diwarnai interupsi dan prosesi verifikasi dan istilah2 lain yang ga jelas... akhirnya dengan langkah mantap gw menuju parkiran motor dan pulang ke rumah..
Di jalan sembari menikmati terangnya lampu2, gw sempet menerawang, Ooohh inilah yang dirasakan teman gw dulu si Babeh... sekarang gw ga peduli lagi dengan hal2 demikian, ga realistis, ga ada gunanya untuk kehidupan dan terkesan lucu aja, buat apa marah2 atw pusing2 buat sesuatu yang sifatnya boong2an.. hmmm.. gw minta maaf pada temen gw Babeh yang mungkin dulu gw selalu mengumpat keburukan ke loe karena ketidakpedulian loe terhadap acara kampus, tapi sekarang gw udah mengerti.. gw udah ngerasain, dan gw udah paham... Loe ga salah, loe justru benar...
Oookinikutauuuu....

0 Comments:

Post a Comment

<< Home