Budzaemon Uncensored!: Dezka : Week Of Sucks

all about budzaemon & uncensored....

Monday, May 29, 2006

Dezka : Week Of Sucks

Pas lagi ngumpulin bekal buat melekan nanti malem (tidur maksudnya) buat revisi he3x.. (masih aja), tau2 HP gw bunyi oleh no yang ga dikenal. Tapi suara merdu (duh... makin narsis aja deh) di HP itu kayaknya gw kenal, Cuma buat mastiin gw tanya lagi ternyata he3x.. ga salah lagi. Dezka.. Dezka.., kali ini kayaknya dia bener2 lagi down banget. Dia bilang kayaknya otaknya overload menyambut UAS besok. He3x.. kayaknya tuh anak makin nyesel aja masuk FE, (di FE dia statusnya cuma terdaftar, tapi kuliahnya di Kansas mulu he3x..) makanya pelajaran ga ada yang masuk otak, akibatnya? SKS kayak malem ini deh.. he3x.. becanda Dez.. Kali ini dia lebih banyak diemnya (wah bener2 lagi berat bgt kyknya Dez, gw ngerti kok, halah).. tapi santai aja kali, gw yakin loe bisa laluin ini semua, kan loe pinter buktinya 2 Kali SPMB dua2nya tembus, dua2nya UI pula (kapan gw bisa kayak gitu yah, bisa masuk POLTEK aja syukur bgt). Klo mendengar dari kata2nya, sebenernya dia khawatir soal hasil.. dia takut ada nilai E di semester ini.... (apalagi klo loe jadi dapet FK Dez..stress kali loe tiap minggu ujian) Hmm.. ini mungkin yang salah dengan sistem pendidikan kita, semuanya dinilai dari sebuah hasil akhir di selembar kertas. Akibatnya orang berbuat apa saja demi hasil akhir itu. Padahal, hasil akhir di selembar kertas itu belum tentu bisa dijadikan tolak ukur penguasaan ilmu seseorang. Baru aja tadi pagi gw liat berita di TV, selain berita Gempa Yogya yang dominan, ada sebuah berita penggerebegan sebuah sekolah di daerah Tanah Karo, Sumatera utara, ketika sedang ujian akhir, dimana belasan siswa dan guru2nya digiring ke kantor polisi dengan tuduhan pembocoran soal ujian. Modusnya para siswa mendapatkan kunci jawaban ujian melalui sms (entah siapa pengirim sms tersebut, namun Polisi menenggarai adalah oknum pejabat Depdiknas setempat dan dari Pihak Sekolah). Dari kejadian tersebut bisa dilihat betapa ambisi mengejar nilai akhir membuat orang menghalalkan segala cara. Termasuk pembodohan. Secara logika jelas dengan kunci jawaban itu seluruh siswa sekolah itu tentu akan lulus dengan nilai yang memuaskan tapi, apakah nilai di atas kertas itu bisa menjadi tolak ukur mereka di lapangan akan kepahaman suatu ilmu? Jujur klo gw lebih menghargai usaha seorang guru di Banten (klo ga salah) yang menyelenggarakan UAN dengan cara yang berbeda yaitu terjun langsung ke lapangan untuk praktek (klo tidak salah praktek membudidayakan suatu tanaman), akibat cara yang dianggap tidak standar ini, sang guru pun malah dipanggil dan menjadi kasus. Dez, gw nulis ini cuma mo bilang, ketika loe udah berusaha (yang loe bilang ada 3 Bab, satu Bab aja loe belajar sampe 3,5 jam dan sekarang udah KO) dan hasil akhirnya ga memuaskan itu lebih baik Dez. Ketimbang mengambil jalan pintas (misal : nyontek atw ngebet). Ga munafik nyontek atw ngebet pun gw pernah lakuin tapi akhirnya gw sadar itu cuma menipu, hingga akhirnya gw ambil keputusan ekstrim, nilai usaha itu lebih berharga ketimbang nilai akhir (makanya Kul gw ga kelar2, n kasus nilai mulu ama Dosen). Memang masih sedikit sih orang2 yang menghargai nilai usaha ketimbang hasil akhir. Tapi gw yakin ketika kita berani memulainya maka suatu saat akan orang2 yang menghargai nilai usaha ketimbang hasil akhir akan bertambah banyak. Bukankah bola lampu Thomas Alfa Edison berkembang pesat seperti sekarang ini setelah dia bersusah payah melakukan seribu sekian percobaan (Apaan sih? Perumpamaannya nayambung ga sih?). Yang penting adalah usaha, so ketika kita ingin nilai usaha kita dihargai mulailah dengan menghargai nilai usaha orang lain ketimbang hasil akhir. Sori Ya dez, klo mungkin terkesan menggurui tapi gw lakuin ini sebagai tanda klo gw care n berusaha selalu ada buat Loe.. halah... (tuh hargai donk usaha gw he3x..)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home