Budzaemon Uncensored!: Pengen Gw Bakar

all about budzaemon & uncensored....

Sunday, November 23, 2008

Pengen Gw Bakar

Sebenernya minggu ini gw udah punya rencana untuk ke UI liat JGTC  tapi Jumat kemaren temen gw yang baru aja secara sah dan meyakinkan (halah) dilantik jadi dokter muda ngundang gw lewat telepon untuk dateng ke rumahnya untuk (klo bahasa jawanya) selametan. Demi temen (lagi2 halah) akhirnya gw batalin acara ke UI. Minggu pagi gw putar otak, berhubung acaranya nanti siang, masih keburu nih untuk ke bengkel benerin rem depan si Mbah Darmo yang rada ga enak semenjak pulang dari puncak kemaren, toh undangan dari temen gw jam 11 siang masih ada waktu. Sebenernya itu rem cuma terasa jauh aja, maksudnya untuk posisi mengunci ban tuas handle rem mesti ditarik jauh ke belakang (klo kata orang betawi : dibejek), karena gw penyuka tarikan akslerasi bawah maka kondisi rem kayak gitu sangat 'mengganggu' mengingat gaya berkendara gw sebenernya tipe late braking jadi butuh rem yang dicolek aja udah ngunci. Bahaya juga klo kondisi rem kayak gini. 

Dengan tetap berpikiran positif akhirnya gw bawa deh si Mbah ke bengkel deket rumah, asumsi gw, klo gw bawa ke si Aming lumayan jauh dan gw ga comfort aja dengan rem kayak gini, lagipula kayaknya ini rem cuma gejala angin palsu aja yang solusinya mudah yakni cuma dibuang anginnya aja dan gw rasa semua bengkel bisa ngelakuinnya. Memang di daerah rumah gw ini banyak bengkel2 motor yang menjamur, seolah mendukung program pemerintah yang menggalakkan sektor ekonomi kecil. Tapi ternyata 'kebangkitan' sektor ekonomi kecil tersebut tidak dibarengi dengan kompetensi yang memadai dan disinilah mulai drama kesialan gw.

"Bang, benerin remnya donk, rada ga pakem nih, kayaknya mesti buang angin deh..." kata gw sesampainya di bengkel yang kondisinya sepi, gw pikir kebetulan, paling sepuluh menit atw setengah jam juga udah selesai.

Tanpa ba-bi-bu si abang mulai ngebongkar kaliper rem depan si mbah (klo bahasa bengkelnya kepala babi). Dalam hati gw rada khawatir "Lah, klo cuma buang angin doank ngapain lepas kepala babi?" Tanya gw,  tapi dasar otak gw yang selalu positif, dalam hati pun gw sedikit bersorak senang  "Tapi biar deh, sekalian dicek" merasa mendapatkan pelayanan plus dari si abang (berupa dicek kepala babinya, bukan plus2 yang laen lho...)

Ternyata melepas kepala babi tersebut merupakan gerbang kesialan gw, setelah minyak rem ditambah dan kepala babi dipasang kembali, kondisi rem gw tidak sedikit pun berubah malah bisa dibilang lebih parah, sekarang untuk mengunci roda harus benar2 dibejek sampe dalam. Gw pun komplain ke si abang bengkel untuk perbaiki lagi, ga sesuai dengan harapan gw. Akhirnya si abang mengalah dan mulai membongkar lagi... kali ini bukan sekedar kepala babi yang dilepas tapi sampe kabel rem, master rem dibongkar semua, dan si abang bilang

"Wah kayaknya ini sil pompa mater remnya mesti diganti mas.."

"Klo ganti berapa? Dan yakin klo diganti bisa bener lagi?"

"Rp 25000, klo udah diganti pasti bisa lah.., namanya juga baru"

Yo wis, demi kondisi rem yang nyaman gw amini deh saran si abang bengkel beserta jaminan omongan pasti bisanya tadi (sori gw di sini ga pake istilah montir, karena setelah kejadian pertama cukup membuat gw mulai sebel dan curiga nih orang kayaknya ilmu ngemontirnya ga khatam, cuma ambil mata pelajaran khusus 'bongkar' doank, ga ngambil mata pelajaran 'pasang kembali')  dan  setelah diganti?????

Siaaal... sekarang malah kondisi rem gw bener2 total ga bisa ngerem, sama sekali ga ada tekanan minyak ke piston. Berkali2 si abang bengkel ngisi dan kuras minyak rem sambil terus ngemompa rem tapi bener2 si piston sama sekali ga bergerak. Si abang mulai berwajah panik, gw mulai berwajah kesal, dan karena itu gw mulai melihat wajah si abang wajahnya makin mirip dengan kepala babi dalam makna harfiah (huahaha kasar nih kata2nya), sementara hari tidak terasa mulai senja (waaaaaaaaaaakkkkssssss). Gimana gw ga kesel, rencana gw mo ke rumah temen gw gagal, dana yang gw siapin di dompet untuk benerin nih motor udah over budget (ga terbayang harus ada yang diganti). Penyesalan cuma datang belakangan

"B*bi... kenapa gw ke bengkel ini yah, bukan ke si Aming aja...,padahal tadi tuh rem juga ga terlalu parah banget"  Dengan usaha menghibur diri gw sms ke si WQ sambil curhat 

"Cuy, Apes gw Nih.. niat mo buang angin doank, malah rem gw rusak total,pengen gw bakar nih bengkel" dasar si WQ emang lagi sableng malah dia bales 

"Kapan Cuy mo ngebakar tuh bengkel, ajak2 donk..". Di sela2 kepanikkan si abang, dia sok ngajak gw ngobrol segala, ya elah percuma Bang, gw klo udah bete kayak gini lu ajak ngobrol ga bakal jadi seneng, mana pake ditawarin rokok segala lagi...

Menjelang pukul 8 malam (bayangin tuh, berapa jam gw di bengkel, weekend gw rusak banget) baru tuh rem terpasang semua, tapi dengan kondisi tidak berbeda dengan ketika gw datang tadi, tetep aja harus dibejek jauh tuh rem klo mo pakem, gw pun minta agar sil yang tadi diganti dilepas, pake yang lama aja karena tidak menyelesaikan masalah (intinya gw ga mo bayar tuh barang, enak aja udah diganti tetep aja ga bisa, gimana sih jaminan omongannya). Denger kata2 gw si abang berubah bete banget, tapi gw ga peduli, sebenernya klo bukan karena gw mikir ini bengkel posisinya tetanggaan, pengen pake kata2 yang lebih kasar lagi (sempet kepikir untuk ngomong : Bengkel disini mana lagi yah, yang masih buka jam segini? biar nyinggung tuh abang). "Ya udah mas ga usah dibayar deh tuh sil, bayar ongkos bongkar pasangnya aja" tawaran si abang tadi gw rasa cukup adil lah, prinsip gw, klo gw udah dibikin bete ma sesorang, minimal tuh orang juga harus kebagian bete yang gw alami. Jelas2 si abang bete berat karena selama menangani motor gw, berapa order tadi ditolak (dari siang), belum lagi minyak rem prestone satu botol gede sekarang hampir abis gara2 dipake buat isi-kuras rem gw (lagian siapa suruh minyak rem dibuang2, sisa kurasannya kan bisa ditampung).

Akhirnya tetap dengan wajah kesel gw bawa pulang si mbah Darmo, waktu udah mulai menunjukkan pukul 9 malam, hujan sisa sore tadi juga belum kunjung reda. Untungnya dulu gw waktu kecil sering nonton Mac Gyver (halaaahhh mulai deh narsisnya, maklum deh orang lagi bete), dalam kondisi hujan gw bongkar tuh rem di garasi rumah dan coba kutak-kutik sendiri, alhamdulillah bisa sesuai dengan keinginan gw.. Jujur sampe sekarang tiap lewat tuh bengkel pengen gw bakar!!! 

 

0 Comments:

Post a Comment

<< Home