Budzaemon Uncensored!: Antara Pas dan Ga Pas

all about budzaemon & uncensored....

Friday, April 17, 2009

Antara Pas dan Ga Pas

Dosen desain grafis gw pernah bilang, dalam dunia desain ga ada benar atw salah, yang ada cuma pas dan ga pas doank, turs apa hubungannya, he3x, berhubung otak lagi sepet karena ujian,w aktu luang ujian bukannya dimanfaatin buat belajar malah ‘usil’ dipake buat ngegosipin orang, ha3x, maaf bukan gosip tapi lebih tepatnya mengumpulkan bahan penelitian sebagai acuan kurikulum bokis nanti halah.

Seperti biasa klo lagi ngumpul rame2 di kantin seolah cuma kita yang paling bener dan dunia salah semua ha3x, nah ceritanya tadi setelah ujian pada nongkrong di kantin tiba2 merasa ada pemandangan yang merusak dan akhirnya malah iseng2 dijadikan bahan penelitian, he3x. Apakah itu, ada seorang cowok (ga tau dari jurusan mana, kayaknya sih FISIP juga) berpakaian hip hop abis, dan gayanya jenis2 hip hop blink2 gitu (klo kata Saykoji), dan dengan (sok) asiknya tos2an dengan beberapa orang temennya yang berpakaian normal sambil bagi2 leaflet acara dugem, ngomongnya pun tinggi. Yang bikin ‘mengganggu’ kita adalah gaya berpakaiannya itu, mari gw coba jabarkan:

  1. Kepala pake topi berlogo NY (yang mungkin dalam kasus ini artinya bukan “New York”, “Norak Yee”) dan rada kelap-kelip karena kayak ada gliternya tuh topi (hmm gw curiga jangan2 tempat beli topinya sama dengan tempat Ajer beli topi ha3x..). Ga sampe disitu, di balik topi ternyata da semacam penutup kepala (klo gw sih nyebutnya bandana, abis bentuknya ga jauh beda sama yang dipake ma anak2 motor) yang sengaja dikeluar2in biar ‘balapan’ sama topinya
  2. Badan pake kaos (ceritanya kaos basket) warna item di luar, dalemnya T-Shirt ijo
  3. Kalung ada liontin model dog tag, rantainya panjang tapi bukan kayak “rantai biskuit” yang biasa gw liat negro2, tapi ini kayak rantai yang suka ada di guntingan kuku, itu lho yang kecil2 gitu.
  4. Tangan kanan pake sarung tangan kulit boongan coklat model halffinger jadi ujung jari2nya keliatan, yang gw tau itu sarung tangan motor beli di pinggir jalan harga 15 ribu (sok tau gw, yaelah gw hapal banget kali ma sarung tangan kayak gitu, udah 6x gw beli karena rusak mulu kena ujan)
  5. Tangan kiri ga pake sarung tangan tapi ada gelang rantai lumayan gede warna (ceritanya) krom.
  6. Ngomongnya seputar dugem misal “Kemaren malem kemana Loe?”, atw “Tar malem cari tempat laen aja, bosen gw ama musiknya di situ...”

Mengapa terasa mengganggu? Mari gw jabarkan keadaan saat itu :

  1. Saat itu waktu menjelang jam 12 siang, yang nota bene cuaca sedang cerah dan panas2nya, di mesjid udah mulai rame murotal mo jumatan.
  2. Tempat nongkrong saat itu adalah kantin mami, sebuah tempat yang jajanan paling mahal cuma Rp 7500 itu pun indomie goreng pake nasi, mao nongkrong doank ga pake jajan sampe tutup pun ga papa, ga bakal diusir
  3. Lingkungan adalah kampus U***S (masih aja disensor, orang2 juga tau), yang bayaran kuliahnya per semester ga nyampe 5 juta, parkir cuma gopek sampe puas, klo pake nitip helm tambah gopek lagi jadi seceng, bahkan klo kenal sama Mas Satpamnya ga bayar ga papa cukup tos aja (ha3x.. kelakuan gw banget).
  4. Seluruh orang2 di kantin, termasuk teman2nya dia, saat itu berpakaian normal karena memang seluruh fakultas sedang jadwalnya ujian. Jadi tuh doi mencolok banget.
  5. terakhir ini yang bikin ga pas, (ini kata Ajer) tuh orang dateng naek Jupiter MX (sori buat para pengendara Jupiter MX, no offense selama ga berpakaian kayak gitu di siang hari bolong he3x.. (kakak ipar gw juga pake MX tuh))

Lalu biar tidak mengganggu gimana? Hmm sesuai dengan konsep Pas dan Ga Pas ala dosen Desain Grafis maka seharusnya :

  1. Berpakaian kayak gitu wajar klo emang langit udah gelap dan menjelang waktu dugem misalkan jam 10-11 malem (kira2 aja yah, ga tau juga, soalnya gw klo dugem di atas jam 12an, halah)
  2. Tempat nongkrong dengan pakaian seperti itu minimal di lounge-nya X2, Stadium, Embassy, atw minimal di McD 24 Jam, parkiran parkit, semanggi, dan daerah2 yang menjadi kiblat anak2 gaul selatan (halah), yang harga aqua gelas aja sampe Rp 2500 dan sebotol fanta bisa 10.000an (klo di Stadium malah kagak ada jual fanta botol Nyong!!!), nah bayangin tuh jajanan yang paling mahal bisa berapa duit, sekedar nongkrong doank kena charge masuk, minimal kena biaya parkir jam-jaman
  3. Berpakaian kayak gitu mungkin terasa wajar klo kampusnya Trisakti, UPH yang bayaran semesterannya di atas 10 juta, dan ternyata.... di kampus2 tajir tersebut aja ga ada yang berpakaian kayak gitu.
  4. Berpakaian kayak gitu wajar klo lagi bareng komunitas yang sama (atw minimal nyerempet2 lah) pula, misalkan di lapangan basket bareng komunitas hip hop, anak basket, b-boyz, anak mobil sampe anak dugem
  5. Terakhir berpakaian kayak gitu pas banget klo turun dari minimal Honda Jazz yang udah diceperin, velgnya gede bannya tipis.tapi kata Rinto, klo yang naek mobil malah ga pernah berpakaian kayak gitu, justru biasa2 aja, klo pun pengen begaya biasanya baju & aksesorisnya ditaro di mobil, saat mo dugem baru dipake.
Aaahh tapi berpikir wajar ajalah (atau mungkin diwajar2in aja he3x) soalnya ketika mencoba membahas bareng Uthe, Ajer, Bader, Tirza dan Rinto komentar mereka hampir sama semua, yakni “GA PAS, malah jatoh2nya NORAK” bahkan Rinto bilang “ Gw malah kasian Bud, ngeliat tuh orang” hmm bener juga, prediksi gw tuh justru orang2 yang kayak gitu ga punya tempat buat ‘ngekspresiin’ dirinya, jadi akhirnya cuma bisa mengekspresikannya di tempat dan waktu yang seadanya, dan kebetulan tempat dan waktunya itu salah. Gw jadi inget ketika dulu awal2 jadi biker, kadang gw juga suka kayak gitu, salah waktu dan tempat dalam mengekspresikan diri jadi biker yang sebenarnya, ke Alfamart yang masih di dalam komplek aja pake helm full face, sarung tangan balap, padahal dulu gw masih ga ngerti mana bedanya karburator, regulator, radiator, dan segala tor2 lainnya (he3x.. bukan sok2an Bos, tapi emang saat itu masih belum lancar bawa motor, lumayan buat proteksi klo kenapa2 ha3x, sekarang setelah lancar bawa motor, tuh sarung tangan balap malah ilang dicolong di parkiran, terpaksa pake sarung tangan pinggir jalan yang 20rb-an), tapi sekarang setelah udah gabung ma komunitas, udah tau jeroan motor walaupun belum berani gw bongkar semua (intinya udah tau arti biker yang hakiki (halaaah)), gw jadi tau kapan saatnya pake protektor full set, kapan saatnya begaya ala ‘bandel’outlaw, kapan saatnya jadi biker mahasiswa, jadi udah ga pukul rata, ga kayak dulu serasa mo touring aja tiap hari. Aah aneh2 aja nih isi kampus Hmm iseng2 pengen tau gimana sih berfashion ala hiphop blink2, kayaknya gw pernah baca di salah satu majalah adek gw, kebetulan orangnya lagi ga di rumah (he3x.. sori nih Son!!) ya udah korek2 aja kamarnya, dan nemu juga, hmm gw coba susun ulang versi gw dan bandingin dengan apa yang baru diliat di kantin tadi, lumayan tuh orang bisa nyerempet2in gaya hiphop blink2, tepatnya hiphop blink2 paket hemat, tapi urusan waktu dan tempat lagi2 gw ngulangin kata2 dosen gw : GA PAS!!!
Hip hop style yang gw liat di kantin mami

berpakaian ala hip hop yang bener menurut majalah adek gw (sori ga bisa sebut merek majalahnya he3x) dengan sedikit penyesuaian dengan kondisi yang gw liat di kantin mami

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

This comment has been removed by the author.

9:40 PM

 

Post a Comment

<< Home