Budzaemon Uncensored!: ‘Menebus’ Bidadari Syurga

all about budzaemon & uncensored....

Saturday, September 02, 2006

‘Menebus’ Bidadari Syurga

Hari ini ada lagi seorang sahabat gw yang menyempurnakan ½ Dien-nya, apalagi klo bukan melepas masa lajang alias menikah. Cuma sayang karena pagi ini gw harus ke kampus untuk mengurus SIM kolektif (hari ini terakhir), jadinya gw ga bisa datang ke hari yang paling amat berharga bagi dia. Lagipula, gw juga ga tau dimana acaranya.. (ya ampun Buds, masa ga tau? mang diundang apa ga? Haduh3x.. jangan2 ngerasa doank diundang, padahal enggak, so bagus lah klo gitu, pas kan klo ga dateng..(haduh Budi,kok kamu gitu sih???)) Teringat obrolan dengan teman beberapa waktu lalu soal pernikahan. Salah seorang teman kampus bertanya pada gw kapan gw akan menyusul mereka (menikah maksudnya).. gw cuma bisa jawab dengan senyum aja. Pertanyaan teman gw itu hal yang lumrah karena dia tahu dulu ketika masih sama2 berjuang di kampus, gw lah yang paling ‘mengkampanyekan’ nikah muda, walaupun kenyataannya malah jadi orang yang paling sering ‘dibalap’. Pertanyaan teman gw pun berlanjut dengan menanyakan alasan gw untuk menunda hal sakral ini. “Gw udah ga punya tabungan Bro, mending sekarang gw kuliah lagi, trus kerja, cari duit yang banyak.. klo duit udah banyak mo nikah ama siapa aja mah gampang, tinggal nunjuk..” Jawaban gw seolah cuma jawaban sekenanya tapi memang itu kok kenyataannya. “Buds, nikah itu mudah, klo urusan dana, paling cuma kluar dana untuk mahar, penghulu, KUA dsb, ga banyak kok..kayak ane nikah sederhana cuma ngundang2 saudara2 doank.. udah cukup, yang penting syarat dan rukun nikah terpenuhi...” Sesimpel itu? Tentu tidak.. mungkin apa yang dikatakan temen gw itu bener tapi itu hanya 1 : 10.000 atw bahkan 1 : 1000.000. ‘Harga’ seorang bidadari syurga memang tidak ‘murah’. Tidak murah dari hal2 yang berkenaan dengan akhirat (wahh.. ga tau juga deh klo yang ini.. tapi kayaknya klo sekarang hal ini sudah ga diutamakan lagi, naudzubillah), tidak murah pula dari hal2 yang berkenaan dengan duniawi (Nah.. yang gw tau ini yang sering dijadikan patokan..).Kembali mengangkat kata2 nyokapnya temen gw “ Emas dengan emas, perunggu dengan perunggu..” kira2 itulah gambaran yang ada sekarang. Menyedihkan tapi memang itulah realitas kehidupan dan sekali lagi gw bilang itu wajar kok. Adek kelas gw yang seangakatan dengan adek gw berkata “Wah, jadi pengen buru2 nih..” (buru2 nikah maksudnya).. Baguslah, tapi semoga dia tidak ingin buru2 dengan faktor pendorong semua yang dilihatnya mudah dan serba ideal. Klo boleh cerita, sama dek, dulu kakak (caila) juga seperti itu, tapi lebih baik dari sekarang persiapkan juga mental bahwa semuanya terkadang tidak seideal apa yang kita harapkan. Kehidupan itu realistis. Belajarlah sedari awal jangan sampai kamu terlambat seperti kakak, yang baru menyadari itu semua di saat usia sudah tinggi (sok tua loe Buds..). ‘Menebus bidadari’ dengan harga yang realistis bukan dengan hal2 idealis. Btw mungkin klo ortu gw orang BULOG, Pertamina, Depkeu atw Depkes dsb pasti gw bisa nikah di Balai Kartini, MPR/DPR, Dhanapala lalu di resepsi bisa panggil Snada, Gradasi, atw bahkan Maliq n D’Essential (hah?). Tapi sayang ortu gw cuma karyawan biasa dan gw hanya seorang pekerja seni yang notabene semuanya harus serba pas2an.
  • Hmm.. ada yang pernah baca cerita berjudul ‘Kepak Sayap Pena’ karangan Muttaqwiati dalam buku ‘Kado Pernikahan’? Kira2 sosok dalam cerita itulah yang gw anggap sebagai bidadari sejati. Tapi mungkin itu hanya fiksi karena semuanya ideal, sebab jika dalam kehidupan realitis yanga ada hanyalah ‘Emas dengan emas, perunggu dengan perunggu’
  • Kehidupan realistis mo bukti : Datuk Khalid bisa mempersunting Siti Nurhaliza.. ga perlu gw jelasin deh.. udah tau semua

0 Comments:

Post a Comment

<< Home