Budzaemon Uncensored!: Afwan, Kurang Satu Ayat

all about budzaemon & uncensored....

Wednesday, September 10, 2008

Afwan, Kurang Satu Ayat

Sholat tarawih memasuki rakaat ketujuh saat imam dengan lancarnya menyelsaikan al fatihah. Ketika masuk surat berikutnya.. hmmmm, sebuah ayat yang sangat gw kenal hingga ke arti2nya (bukan nyombong) kenapa? he3x, jujur aja mungkin klo dulu pas kelas 3 SMA ga disuruh EBTA praktek hafalan n ngebedah nih surat gw ga bakal kenal nih ayat.

Sambil khusyuk menikmati bacaan sang imam, tiba2..heeeyyy... kurang satu ayat. Si imam rupanya kelompatan satu ayat, wajar aja mungkin karena lupa, coz emang ni surat memiliki awalan ayat yang rada2 sama jadi mungkin aja klo tuh imam ga sengaja kelewat satu ayat.

Tergerak untuk mengejar sempurnanya sholat berjamaah gw sempat menunggu koreksi dari para barisan jamaah yang tepat belakang imam, ternyata tidak ada yang mengingatkan (mungkin juga karena para jamaah di belakang imam itu ga ada yang tau surat itu). AKhirnya demi kepedulian fardhu kifayah menegur sang imam gw pun mencoba melafalkan dengan lantang ayat yang kelewatan tadi. Sayang posisi shaf gw hanya di barisan ketiga dan cukup jauh dari sang imam. Otomatis hanya sekeliling gw aja yang mendengar koreksi gw terhadap imam, sementara sang imam di depan dengan mulusnya tetap melanjutkan bacaannya hingga selesai dan datang waktu salam.

Selesai sholat beberapa jamaah menoleh dan memandang gw dengan tatapan aneh. Mungkin dikiranya gw ngelindur. Gw pun langsung penasaran dan membuka mushaf yang selalu gw bawa setiap tarawih (yang biasanya gw baca untuk mengisi waktu menunggu waktu datangnya sholat). Alhamdulillah, koreksi gw benar adanya, dan si imam yang salah, tapi apa mau dikata sholat telah selesai...

***

Kejadian itu baru aja semalem gw alami dan entah kenapa sampai tulisan ini gw posting masih aja terasa gondok di hati. Gondok karena tidak bisa menyempurnakanan ibadah jamaah pada malam itu, gondok karena merasa melihat kesalahan tapi tidak mampu berbuat apa2, terakhir gondok karena tatapan2 aneh jamaah lain terhadap gw. Rasanya cuma pengen teriak : TAU GA? TUH TADI IMAM KURANG SATU AYAT BACAANNYA!!!

Mungkin kekesalan gw tadi sama seperti jeritan rakyat kepada sang imam negara yang mengetahui ada yang salah dalam pengelolaan negeri ini. Namun jeritan mereka tidak akan pernah sampai ke telinga sang imam karena posisi 'shaf' para rakyat jelata jauh dari mihrab sang imam yang berada di istana. Sang imam hanya dikelilingi oleh orang2 yang tidak mengetahui 'ayat2' yang dibaca olehnya. Hanya orang2 awam yang merasa nyaman karena mendapatkan 'pahala keutamaan shaf terdepan' tanpa mengetahui beban tanggung jawab yang harus diemban ketika berada di posisi tersebut. Hmmm ternyata untuk menyuarakan yang benar memang kadang kita perlu 'berebut posisi' untuk bisa dekat dengan sang imam. Apakah ini yang disebut sebagai politik??

Wallahu alam bishawab, yang pasti gw cuma pengen bilang : Afwan, kurang satu ayat!!!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home