Budzaemon Uncensored!: Beda?

all about budzaemon & uncensored....

Saturday, September 06, 2008

Beda?

"Bapak2 yang terhormat, maaf sebelumnya, saya cuma mo kasih tau, bahwa sebelum maghrib itu tidak ada yang namanya sholat rawatib, yang ada hanya sholat rawatib ba'da maghrib, tadi saya perhatikan setelah Azan masih ada yang sholat sunah 2 rakaat, ada baiknya dalam beribadah kita tau ilmunya...Nah klo sekarang mo sholat ba'da maghrib silahkan"

Seusai sholat maghrib berjamaah dan memimpin doa, tiba2 imam berkata seperti itu kepada para jamaah. Tak lama kemudian dia pun meninggalkan mushola, namun menyisakan bisik2 ketidaksukaan di kalangan jamaah lain

"Ga tau aja dia klo kita beda..!"

"Dia kan dari aliran anu... klo kita mahzab anu ga gitu..."

Gw dan temen2 gw yang sadar awam akan ilmu agama cuma bisa diem dan tersenyum maklum melihat fenomena yang terjadi. Sesampainya di rumah temen gw penasaran aja buka Riyadhus Shalihin berkenaan dengan sholat rawatib dan ternyata :

"Rasulullah tidak pernah memerintahkan sholat sunnah rawatib qobliyah (sebelum) maghrib, namun juga mendiamkan saja para sahabat yang melaksanakannya.."

Hmmm gw dan teman2 merasa 'beruntung' karena termasuk yg tidak ikut2an sholat sunnah qobla maghrib di mushola tadi, pdahal biasanya klo iman sedang naek kayak gini (halah) bawaannya wudhu dikit langsung sholat

***

Itu kejadian bener2 udah lama, ada kali sekitar 6 tahun yang lalu tapi masih sangat gw ingat. Hmm ternyata dalam berbagi ilmu memang dibutuhkan suatu kebijaksanaan karena jika tidak yang terjadi adalah bentuk penolakan seperti para jamaah sholat maghrib itu. Bahkan dengan jelas2 mereka berani menyatakan 'beda' waduh beda apanya???

Ya udah lah semoga tulisan gw ini bisa menjadi sedikit pelajaran dalam menyikapi 'perbedaan' yang terjadi pada umat ini. Bagi yang memiliki ilmu ada baiknya untuk sedikit menahan ilmunya dan menyampaikannya dengan cara yang bijak agar mampu diterima, dan bagi yang merasa kurang berilmu ada baiknya belajar menambah ilmunya agar tidak sembarangan bicara. Mumpung lagi Ramadhan sama2 yuk menuntut ilmu....

0 Comments:

Post a Comment

<< Home