Budzaemon Uncensored!: 30 Hari Mencari Taqwa

all about budzaemon & uncensored....

Wednesday, October 15, 2008

30 Hari Mencari Taqwa

"Bukan baju baru atw kue lebaran yang diagungkan pada hari ini, yang terpenting bagaimana semangat ibadah kita setelah Ramadhan..."

Itu sepenggal sms yang gw terima saat idul fitri kemarin diantara sekian banyak sms yang masuk. Hmm... bahasanya sederhana tapi nyentil berat. Beberapa hari setelah libur puasa dan kembali masuk kuliah sudah banyak perubahan yang terjadi terutama di masjid kampus. Masjid ini yang pada bulan Ramadhan seolah penuh sesak oleh orang yang sholat berjamaah (walaupun setelah sholat akhirnya nih masjid udah jadi kayak tempat pengungsian korban kebakaran alias banyak yang 'bergelimpangan sambil ibadah' dengan memejamkan mata sekaligus mimpi (halah mo bilang tidur aja susah bgt)) . 'Si Boncel' (yang belakangan gw tau ini orang ternyata salah satu pengurus Pusat Pengkajian Islam kampus gw, dan dosen juga yang pernah marah2in mahasiswa yang pada tidur di masjid) pun jarang terlihat menjadi imam sholat dzuhur dan ashar, padahal waktu Ramadhan doi antusias banget untuk selalu menjadi imam sholat dzuhur walaupun datengnya telat, sampe2 Ajer temen gw yang orang tabligh itu sampe komentar

"Tuh bapak sholat ga pake tuma'ninah kali yee, klo lafaz takbir dipanjang2in sampe kedengerannya faseh banget, tapi giliran bacaan sholat kok kilat banget, apa baca al fatihahnya satu nafas, belum lagi klo ruku n sujud cepet banget?"

"Tau deh Jer, perasaan gw pernah ikut maghrib imamnya dia, klo al fatihahnya jahr dia panjang n bagus kok bacaannya, tapi kenapa klo pas dzuhur ama ashar cepet banget yah, rasanya sholat jadi diburu2 kayak senam aja, gw kirain gw doank yang ngerasain kayak gitu"

"Apa karena ga kedengeran yah, jadi ga bisa pamer bacaan?"

"Wah klo urusan gitu gw ga ikutan Jer..kan kita ma'mum jadi ngikut aja lah" (jadi ngomongin orang kan? he3x..)

Sekarang untuk jamaah pertama aja paling hanya terbentuk 1,5 shaf aja, ketika Ramadhan beeehh 4 shaf untuk ukuran masjid kampus yang lumayan gede (walaupun ga segede masjid UI) ketika dzuhur rasanya masih aja terus nambah jumlah jamaah. Bahkan pernah kejadian mungkin karena saking bersemangatnya beribadah jama'i kali ya sampe2 gw nemuin ada 2 sholat berjamaah di dalem masjid, nah lho (udah kayak kejadian di Sinetron PPT2 aja). Trus kemaren pas jumatan, sampe khotib naek mimbar nih masjid seolah belum terisi setengahnya. Belum lagi goda2an yang muncul, ketika Ramadhan setiap adzan berkumandang rasanya kaki ringan aja langsung melangkahke masjid, klo sekarang? beeehh jujur rasanya berat menahan godaan nongkrong n ngobrol2 di kantin mami.

Yahhh brarti emang bener sms temen gw itu, yang terpenting adalah bagaimana menjaga semangat beribadah kita setelah ramadhan, ketika ramadhan semangat beribadah muncul itu hal yang biasa karena memang dikondisikan seperti itu (Selain tentunya kita tau di bulan ramahdan seluruh pahala dilipatgandakan). Bukankah selama 30 hari itu kita mencari taqwa yang berarti selepas 30 hari kita menjadi orang yang lebih baik terutama dalam beribadah pada Allah. Hmmm jadi inget kata2 Rasulullah, seandainya umatku tahu keistimewaan bulan Ramadhan, maka niscaya umatku akan menginginkan setiap bulan dalam setahun adalah bulan ramadhan.

Wallahu alam bishawab.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home