Budzaemon Uncensored!: Kasih Ibu

all about budzaemon & uncensored....

Tuesday, April 28, 2009

Kasih Ibu

Masih dalam rangka mencari inspirasi buat keperluan kerjaan, iseng2 pagi ini gw bereksperimen dengan kucing2 di depan rumah yakni Hakubi dan anak2nya. Itung2 sambil menjalin keakraban (dengan kucing?) sekalian cuci mata liatin ABG2 SMA yang pada berangkat sekolah, kebetulan rumah gw deket SMA, jadi patut disyukuri klo pas kuliah siang dan ga ada kerjaan pagi2 gini bisa cuci mata gratis liat ABG2 (halah) yang make upnya masih tebal (buseeet), masih wangi pula.. he3x, kok jadi ngelantur???.. Back to topic, eksperimen gw kali ini adalah diilhami dari peribahasa : Kasih ibu sepanjang jalan, kasih anak sepanjang penggalan (bener ga yah? mohon dicari lagi di buku kumpulan peribahasa terbitan Yudhistira, atw klo masih ragu tanyakan pada Pak Jus Badudu).

  1. Eksperimen pertama, Hakubi sang induk gw pancing2 untuk masuk ke gudang, dan gw kunciin. Hasilnya : ga ada satupun anaknya yang peduli, bahkan anak2nya pada asyik nyakar2in sandal yang berserakan.Di dalem pun terdengar suara klotak2 plus gesekan kuku, rupanya Hakubi berusaha membuka pintu gudang. Ga lama berselang suara klotak2 di dalem gudang pun berubah jadi suara ‘jeritan’ Hakubi mengeong2. Mungkin klo dalam bahasa manusianya minta tolong. Tapi? Lagi2 anak2nya tetep sibuk sendiri2. Setelah 15 menit Hakubi pun gw lepasin, dan anak2nya langsung nyamperin untuk kemudian menyusu (aneh nih anak kucing udah lumayan tua, kok masih pada nyusu aja yah)
  2. Eksperimen kedua, giliran anak2 Hakubi yang niatnya pengen gw masukin ke gudang. Tapi berhubung nih anak2 kucing masih belum jinak dan takut sama manusia, mesti tunggu moment yang pas. Akhirnya begitu dapet momentnya, langsung aja salah satu anak kucing itu gw tangkep (walau sempat terjadi pertumpahan darah, iya tangan gw berdarah kena cakar nih Acing (anak kucing maksudnya)) dan gw masukin ke gudang trus gw kunciin. Hasilnya? Hakubi nungguin di depan pintu gudang sambil nyakar2in tuh pintu (mungkin berusaha ngebukain kali yah) sementara di dalem suara anaknya mengeong2. Apakah langsung gw lepasin? Tidak.. he3x... di sela2 mencakar2 pintu gudang, Hakubi sesekali berhenti dan menatap gw (apa mungkin dia ‘berharap’ ma gw untuk bukain anaknya?). Gw pun masuk ke dalem rumah dan dari dalem gw intip. Hakubi terus nyakar2in tuh pintu gudang. Iseng2 gw belagak keluar rumah, dan Hakubi pun kembali menatap gw. Hal itu gw lakukan sampe berkali2 hingga akhirnya gw bukain juga deh tuh pintu gudang, begitu kebuka si anak langsung dijilat2in sama Hakubi.
Dari eksperimen itu aja bisa keliatan yah, klo ternyata kasih ibu kepada anaknya itu memang lebih besar ketimbang kasih anak ke ibunya. Kayaknya tuh peribahasa benar. Jadi, pelajaran yang pengen gw bagi ke pembaca semua melalui eksperimen ini adalah : Jangan suka maenin kucing pagi2, palagi sambil liatin ABG2 SMA, bisa pasaran turun ntar, udah gitu kena cakar pula.. He3x.. bukan2 itu mah hikmah kesekian, tapi pelajaran utamanya adalah : JANGAN JADI ANAK YANG DURHAKA sama ORANG TUA terutama sama Nyokap yang udah ngelahirin kita, udah nyusuin kita. Gw jadi inget sama kisah Rasulullah yang pernah ditanya seorang pria (dari Abu Hurairah radhiallahu 'anh )

Seorang lelaki datang menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan bertanya*:

“Siapakah manusia yang paling berhak untuk aku layani dengan sebaik-baiknya?”

Baginda menjawab:“Ibu kamu.”

Dia bertanya lagi: “Kemudian siapa?”

Baginda menjawab: “Ibu kamu.”

Dia bertanya lagi:“Kemudian siapa?”

Baginda menjawab:“Ibu kamu.”

Dia bertanya lagi:“Kemudian siapa?”

Baginda menjawab:“Ayah kamu"

Trus ada juga kisah seorang sahabat bernama Jahimah radhiallahu 'anh datang menemui Rasulullah SAW meminta pandangan baginda untuk dia ikut serta dalam ekspedisi Jihad.

“Adakah kamu masih mempunyai ibu?”

Jahimah menjawab: “ Ya.”

Lalu Rasulullah bersabda:“Tinggallah bersamanya kerana sesungguhnya syurga terletak di bawah tapak kakinya."

Di antara ibu dan ayah, ibulah yang lebih berhak untuk menerima perhatian daripada seorang anak. Tidak sekadar itu, ibu memiliki hak tiga kali ganda lebih besar daripada seorang ayah sepertimana terbukti melalui hadis di atas. Syurga juga terletak di bawah kaki ibu, sebagaimana yang dijelaskan dalam hadis kedua di atas. Selain itu Allah Subhanahu wa Ta‘ala juga telah mengkhususkan beberapa ayat-Nya di dalam al-Qur’an untuk ibu. Ini tidak lain menunjukkan betapa besar dan mulia kedudukan ibu di sisi Allah dalam peranannya melahirkan anak dan membesarkannya.

Jaaahhh jadi terharu kan bacanya, serasa nonton Mamah Dedeh kan :-P, dalam rangka konsep tawazun, jadi wajar klo kemaren2 isi nih blog udah konyol2an sampe cela2an, nah ga ada salahnya dunk untuk postingan kali ini isinya menyegarkan ruhani kita, iya nggak? Wallahualam bishawab

sori ilustrasi ga nyambung malah fokus ke ABG SMAnya yah?

(*ngutip dari : http://hafizfirdaus.com)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home