Budzaemon Uncensored!: Erin Brockovich

all about budzaemon & uncensored....

Saturday, November 25, 2006

Erin Brockovich

Udah berhari2 buntu mo nulis apaan ya udah lagi2 bikin sinopsis film aja (buseeett yang dibikin sinopsis film2 basi lagi, masih dibaca ga ya???), kebetulan pagi ini otak lagi butek berat dan iseng2 setel tv jam 3 ternyata? RCTI memang OK dah, Erin Brockovich yang lagi diputer. Sebenernya tau film ini udah lama dan juga udah pernah tayang di stasiun TV lain, tapi baru ngeh dan bener2 seriusin ceritanya ya sekarang ini. (padahal sebenernya ini tergolong film yang berat, ga cocok buat otak yang butek gini, tapi daripada ga ada tontonan lain...)

Erin Brockovich (diperankan oleh Julia Roberts) seorang single parent beranak tiga, bekerja di sebuah firma kecil yang bergerak di bidang properti. Tanpa sengaja, tugas kantornya mengharuskan Erin bersinggungan dengan kasus kesehatan yang disebabkan oleh pencemaran industri Perusahaan PG&E. Di sela2 kesulitan membagi waktu antara pekerjaan dan ibu dari ketiga anaknya, Erin terpanggil untuk membela hak para pemukim yang sudah lama mengalami gangguan kesehatan akibat limbah Chromium tingkat 6. Bersama bos firmanya, Erin melakukan ‘investigasi’ agar bisa mengajukan tuntutan hukum kepada perusahaan PG&E yang ternyata sebuah perusahaan raksasa di Amerika.

Berhasilkah Erin dan firma kecil tersebut melawan perusahaan raksasa? Apa saja yang dilakukan Erin untuk mengorek informasi demi tuntutan hak para pemukim? Lalu bagaimana kehidupan pribadi Erin yang juga harus mengurus ketiga anaknya? He3x.. nonton aja sendiri film ini, cari aja di rental VCD/DVD. Bagi gw film ini tergolong ‘berat’ (ga tau apa karena otak gw yang lagi butek).. tapi tetap ada nilai hiburannya, belum lagi akting Julia Roberts yang sudah tidak diragukan. Penilaian gw? cukup dua jempol untuk Erin Brockovich... (sayang gw nontonnya sepotong2, pas iklan ganti he3x.. (seperti yang gw bilang tadi, abis berat banget filmnya, jadi otaknya ga bisa nerima langsung).. klo ga salah kisah Erin ini adalah based on true story, mohon dikoreksi klo salah yak)

Btw, dikaitkan dengan keadaan di Indonesia, semoga ada orang2 seperti Erin Brockovich di Lapindo yang membela para pemukim yang telah terampas haknya untuk hidup layak dari sebuah keserakahan industri raksasa. Prihatin nih, gara2 Lapindo, PLN jadi punya alasan ‘legalitas’ untuk melakukan pemadaman bergilir...dan dampaknya daerah Pondok Kelapa tempat gw bermukim sekarang termasuk daerah yang kebagian ‘jatah’ dari PLN ini.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home