Budzaemon Uncensored!: My First Helmet

all about budzaemon & uncensored....

Saturday, November 25, 2006

My First Helmet

Haduh2x... kok lagi2 gw terbangun dengan kepala pening belakang dan leher ga enak banget. Kemarin2 juga begini.. kenapa yah? biasanya klo sakit leher gini akibat ngeregangin leher pas kepala ada helmnya. Ini pasti gara2 helmnya yang keberatan, sehingga ga nyaman lagi di leher.

Bicara soal helm gw jadi inget helm pertama gw. Yah, gw beli di Otista bareng si Rensky. Helm Caberg halfface model J-King seharga 90rb (menurut gw ini helm paling murah yang memenuhi standar safety, helm2 dari ATPM masih kalah safety dengan merek ini) padahal tuh masih bisa ditawar lagi, tapi berhubung di Internet gw liat harganya segitu yo wis lah, lagipula klo kata Aa Gym itu sebisa mungkin klo beli apa2 jangan nawar harga (halah). Lucunya tuh helm gw beli sebelum motor gw dianter ke rumah (masih inget kan cerita indent motor gw dulu, pesan n bayarnya Juli baru nyampe rumah September, buseeett) Jadi tuh helm seringnya gw pake buat bonceng bareng si Rensky (selain helm catoknya Rulski juga he3x..). Trus kenapa gw pilih warna hitam, dan dof pula? Soalnya waktu itu kan kepikiran motor yang gw pesan warnanya kombinasi biru-silver, bukan merah kayak yang sekarang. Jadi gw pilih hitam karena itu warna bisa matching dengan warna apapun. Lagipula klo kata Irul warna hitam kliatan ekslusif dan efek dof bikin ga lekang jaman, maksudnya walaupun udah lama tetep aja kliatan bersih (terbukti lho sampe sekarang, thanx Ruls sarannya bener bgt).

Sekarang tuh helm lebih sering dipake oleh boncenger gw terutama si Eneng yang tiap sore gw paksa pake tuh helm, klo masih mo bonceng gw (he3x...penjunjung tinggi safety riding harus utamakan selamat (lho kok kayak biskuit??)). Sebenernya tuh helm enak banget dipakenya, busanya empuk, ngepas banget ke pipi, adem pula (karena halfface), bersihinnya gampang (tinggal diangin2in aja) udah gitu visor raybannya ga terlalu gelap juga ga terlalu terang, jadi enak dipake siang maupun malem. Tapi semenjak gw beli helm baru yang model modular (ada juga yang bilang model flip-up, itu lho yang bisa full dan halfface) tuh helm jadi jarang gw pake lagi, kecuali yang tadi gw bilang, paling dipake bocenger. Helm yang baru ini sebenernya agak kebesaran dengan wajah gw, tapi apa mo dikata karena belinya via internet dan ukurannya All Size, jadi ga ada tuh milih2 n nyoba2 dulu. Nah klo yang baru ini mereknya XXX (triple X, jangan ngeres dulu karena ini merek helm bukan film he3x...). Kenapa gw pilih itu? Karena dari semua model helm modular yang paling murah di katalog ya merek itu he3x.. itupun belinya nunggu gajian ha3x...Dan kenapa gw pilih merah? Karena motor gw merah he3x....(gw beli si Triple X klo ga salah 3 bulan setelah motor dateng ke rumah). Namanya barang murah, biar enak dipakai harus dimodif dikit. Yaitu dengan mengganti visor rainbownya dengan visor bening beli di pinggir jalan 25rb dan kebetulan identik pas (padahal klo di situsnya, visornya doank 40 rb huahahaha... kemahalan tuh). Soalnya visor rainbow bikin padangan gelap banget, klo visor ditutup pas siang serasa mendung. Nah klo malem, bujug gelap banget. Makanya, dulu lebih sering visor gw buka ketimbang ditutup, tapi resikonya mata jadi sering perih kena debu dan asap. Helm inilah yang gw bilang udah mulai ga enak dipake dan bikin leher sakit. Udah gitu sesekali murnya mesti gw kencengin gara2 sering gw buka-tutup akhirnya flip-upnya rada kendor (ga bisa lagi tuh jadi halfface) tapi masih ada enaknya yaitu berguna klo dijalan perlu nanya sesuatu ke orang ga perlu buka seluruh helm, cukup buka flip-upnya aja.

Kedua helm ini punya sejarah juga dalam perjalanan gw belajar motor (he3x..). Bareng si Caberg gw pertama kali ngerasain ditabrak CRV sialan... Nah klo si Triple XXX ini seringnya gw ajak ngesot, gasruk, sampe nabrak motor sableng di Pasar Minggu. Oh iya, si Triple XXX ini pernah hampir mo gw pake untuk nabok bapak2 (he3x..). Dan bersama keduanya (kebetulan pas bonceng sama si eneng, jadi tuh helm dua2nya gw bawa) gw pertama kali kena tilang di samping KOMDAK depan Senayan, gara2 masuk jalur cepat (soalnya bego ga gaul, ga pernah maen daerah sono..meneketehe). Ga tanggung2 kenanya sama polisi yang pake moge lagi Klo ga salah namanya Pa.. he3x.. (inisialnya aja deh AAM, si Eneng yang masih inget banget, dan ditulis pula di blognya).Cukup goban bikin diem tuh polisi (tadinya dia minta Rp75.600 <==ga tau deh sengaja kali angkanya dikriting2in gitu biar keliatan resmi he3x..).

Sekarang kayaknya gw pengen beli helm lagi. Cuma kali ini bener2 ingin beli helm fullface. Sempet liat2 dan sepertinya gw jatuh hati pada satu merek. Karena (katanya) tergolong murah (tetep aja buat ukuran gw tergolong mahaaall), safety (ini yang utama, klo ga salah ada standar SNELL atw DOT-nya (SNI mah lewaaatt), lupa gw) dan modelnya keren (kecil gitu), klo diliat2 bentuknya kayak Shoei-nya Om Gauss. (btw klo helm2 motor standar international, kayak SHOEI (liat punyanya Om Gauss) dan AGV ternyata bentuknya itu biasanya lebih kecil..dan busanya padat, beda banget ama helm2 buatan Indonesia yang kebanyakan dibikin All Size (sepintas ukurannya malah kayak helm buat balap mobil), walaupun ada S, M, Lnya tapi tetep aja bentuknya lebih besar ketimbang helm2 luar kayak tadi gw bilang Shoei, AGV, Arai). Mereknya apa? He3x.. ntar aja deh klo udah kebeli, kan malu belum beli udah bilang2.

Hayo buat semua rakyat bikers, pilih helm yang benar, pakai helm benar, dan mengendarai motor dengan benar...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home