Budzaemon Uncensored!: Lagoe Tempo Doeloe

all about budzaemon & uncensored....

Saturday, November 25, 2006

Lagoe Tempo Doeloe

Udah beberapa hari ini, playlist di WinAmp gw berisi lagu2 lawas (lah bukannya emang lagu2 kesukaan loe emang lagu2 lama?). Ini sih kebangetan lama, makanya gw pake istilah lawas. Soalnya ini penyanyinya angkatan nyokap gw masih remaja dulu (buseeeeettt...) kayak Beeges, Everly Brothers, Hank Locklin, The Platters, The Skyliners, Jim Reeves paling yang mudaan dikit 80-90an ada Eric Clapton, Peter Cetera, Eagles, Julio Iglesias... Ga tau kenapa gw demen banget denger komposisi musik2 barat jadul khususnya 50-60an. Warna vokal yang kuat, belum lagi dipadu dengan backing vokal yang pembagian suaranya sampe suara 5 kali, plus aransemen musiknya yang sederhana dan easy listening (instrumennya yang menonjol bass dan melodi, drumnya justru terdengar kecil dan sesekali saja ketika breaking).

Mungkin klo sampe kedengeran temen2 kampus gw sekarang bisa2 mereka jadi ‘ngeri’ kali he3x.. ini orang bukan cuma tua usianya, tapi seleranya juga jadul banget he3x..Hmmm mungkin ini bawaan kali ya, ketika gw kecil, waktu itu rumah masih di Pangkalan Jati, nyokap gw suka muter kaset2 lawasnya. Masih hangat dibenak gw, nyokap sibuk masak di dapur, gwnya bermain di ruang tengah sementara lagu2 Jim Reeves mengalir dari tape dan speaker tua (sampe sekarang masih ada tuh dan masih berfungsi baik wahh.. kalah speaker jaman sekarang suaranya). Nyokap selalu menitikkan air mata jikalau mendengar lagu2 lawas ini. Klo kata nyokap jadi inget masa remajanya yang tidak selalu bahagia (hix3x.... jadi ikutan sedih.. nih, gw ketularan nyokap gw yang melow kali yah..). Tapi klo gw, denger lagu2 lama gini, jadi inget masa kecil gw yang tadi gw ceritain itu. Bagi gw tembang2 lawas ini terdengar abadi. Kesederhanaan aransemennya justru kenikmatan tersendiri buat pendengarnya Sehingga justru terasa tidak enak ketika diremake dengan kemasan yang berbeda. ‘Ramuan asli’ aransemen seolah sudah menjadi trademark dari sebuah lagu, di situlah nilai kenangan sebuah lagu. Makanya ga heran ketika Flash Back band, sebuah grup musik yang digawangi Nunus dan Johan Untung berusaha semirip mungkin membawakan lagu2 tempo doeloe, baik suara dan aransemen musiknya.

Aaahhh ga peduli kata orang, biar dibilang kuno, jadul, konservatif tapi gw tetep suka lagu2 lawas ini heuehehehe...

FYI : Flash Back Band dikenal sering membawakan lagu2 BeeGees selain itu mereka juga menjadi home band pada acara Tembang Kenangan yang dulu pernah ditayangkan di Indosiar setiap minggu malam.

2 Comments:

Blogger crayon said...

Bener Bud kalo dari kecil dicekokin lagi klasik pas uda gede rasanya gimana gitu, pengen denger yang klasik mulu

5:46 PM

 
Blogger budzaemon said...

ha3x.. yoi.. lagoe lama emang the best deh

8:20 AM

 

Post a Comment

<< Home