Budzaemon Uncensored!: Abal-abal Is The Solution

all about budzaemon & uncensored....

Monday, November 05, 2007

Abal-abal Is The Solution

Ketika Golongan Bawah Ingin (ikut) Bergaya

Ada sedikit cerita yang mo gw bagi ke pembaca terinspirasi dari perjalanan gw (halah) ke PGC kemarin. Niat gw ke PGC kemarin memang berawal dari iseng2 aja, neduh dari ujan, tapi setibanya di sana gw malah jadi inget untuk membeli jam gelang seperti milik temen gw yang emang gw taksir banget. Mo ga mo setiap ada gerai jam tangan gw pun mampir untuk mencari jam yang dimaksud. Hampir di setiap gerai yang gw datangi ada orang2 yang sedang menawar jam tangan model Levi's dan Adidas yang warna-warni (gw ga ngerti deh istilahnya tapi kira2 modelnya yang kayak di gambar ini nih)

Sempet gw baca di majalah milik kaka gw jam seperti itu memang sedang trend sekarang, dan harga aslinya adalah kurang lebih Rp 850.000, dan memang sekarang gw perhatiin hampir semua anak2 memakai jam model seperti itu. Terlepas dari itu asli atw abal2. Fenomena abal2 ini yang kadang membuat gw tertawa sendiri tapi di satu sisi kasihan juga.. Yah, demi ingin ikut bergaya terkadang 'seperti mengorbankan harga diri' memakai barang abal tapi mengaku asli. Seperti yang gw jumpai di PGC ini, ada sepasang ABG yang sedang menawar2 jam tersebut, ada pula seorang bapak bersama remaja putrinya (plis jgn mikir yang macem2 itu om2 senang bersama mangsanya atw sebagainya, ngerusak sisi haru cerita gw aja, gw yakin tuh bapak kandungnya) yang sedang asik memilih2 jam tersebut, ada juga seorang ibu yang sampe bela2in telpon ke anaknya dengan kata-kata yang sempet gw denger

"Iya, nih Mamah lagi di tukangnya, ada warnanya merah, putih, kuning, banyak deh, Mamah sampe bingung... mending kamu kesini aja deh pilih sendiri, ntar Mamah pilih salah lagi..."

Memakai barang abal2 mungkin dianggap memalukan bagi sebagian orang (mungkin termasuk gw) tapi lebih baik kita berpikir mengedepankan fungsi, yah bagi mereka (dan lagi2 mungkin termasuk gw) abal-abal adalah solusi. Sebuah solusi untuk bisa ikut dalam arus tapi dengan harga yang lebih bersahabat.

Pentingkah memakai barang abal2: Buat gw pribadi, gw mengedepankan fungsi ketimbang membeli merek, di satu sisi berarti gw seperti menghalalkan barang abal-abal, tapi itu ga sesuai dengan jiwa gw yang kadang rada nyeni dan idealis (kata orang2 he3x...), maka solusi buat gw adalah jangan terlarut pada arus, ciptakan gaya sendiri, dan sebisa mungkin klo membeli barang2 lakukan perhitungan rasional antara harga dan fungsi, jangan sampe kita beli merek saja, tapi juga jangan sampe kita beli abal2 (tengsin Bo..)... mending beli yang murah tapi bukan abal2, misal yang modelnya ga pasaran, produk lokal yang berani pake merek sendiri bukan plesetan <==salah satu ciri abal2.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home