Budzaemon Uncensored!: Balada Warteg

all about budzaemon & uncensored....

Thursday, March 20, 2008

Balada Warteg

(perhatian, tulisan ini gw buat dengan tidak mengurangi rasa keprihatinan kepada saudara2 kita di berbagai belahan dunia yang masih menderita kelaparan dan mengindahkan nilai2 ajaran mubazir)

Jangan menilai buku dari covernya saja, tetapi nilailah warteg dari tempe oregnya…he3x, bingung? Itu salah satu filosofi gw dalam menjalani kehidupan, kalau buku dan cover memiliki makna kiasan, sedangkan warteg dan tempe oreg memiliki makna harfiah, maksudnya gw selalu menilai tingkat enak atau tidaknya makanan di suatu warteg dari tempe oregnya. Klo tempe oregnya enak, maka biasanya lauk2 yang lain pun enak.

Jujur aja, gw termasuk terlambat mengenal dunia perwarteg-an ini, terhitung sejak gw kuliah di poltek, dikarenakan memang di kampus gw yang ‘terasing’, saat itu belum banyak tempat pelepas lapar perut (aneh ya istilahnya, maksudnya sih biar kaya pilihan kata dan serasa ahli sastra he3x), ketika SMA gw pernah sekali makan di warteg bersama teman2 tapi itu cuma sekali, bagi gw saat itu ada semacam ketidakadilan bagi konsumen dengan pola perhitungan harga lauk pauk yang ukuran skala takarannya (halah) tidak tetap (tergantung si mbak yang ngambilin, bisa jadi Rp 1000 dapet oregnya banyak atau sedikit). Tapi sejak kuliah di kampus yang ‘jauh dari peradabaan manusia’ gw mulai terbiasa dengan ketidakadilan tersebut, bahkan ke depannya warteg seolah menjadi solusi bagi gw ketika mencari makan besar dengan harga yang masih bersahabat dengan dompet. Sejak itu pulalah gw ga canggung2 lagi bahkan semakin akrab untuk menjajal (istilah kerennya wisata kuliner halaaaahh) warteg (inget wartegnya bukan mbak2 warteg lho) ketika lapar dimana pun berada.

Hingga suatu saat gw seperti memiliki SQW (standard qualification of warteg, jaaah) dengan ukuran seperti yang telah gw sebutkan di awal tulisan tadi, yakni nilailah warteg dari tempe oregnya (lagi2 bukan karena mbak2nya huahahaha). Biasanya menu yang gw pesan pasti dengan tempe oreg dan minumnya es teh tawar, kenapa es teh tawar? Bagi gw rasa tawar dan sedikit pahit pada es teh tawar mampu menetralisir lidah dan cukup membangkitkan selera makan.

Naah kemarin ceritanya gw bereksperimen mencoba salah satu daerah jajahan warteg lagi, tempatnya di dekat gedung 2 kampus gw, masih di seputaran pasar minggu. Berawal dari terpaksa karena gw ada perkuliahan di gedung tersebut dan waktunya udah mepet takut dosen keburu datang, tapi perut laper..ahh udahlah demi ngejar dosen mending gw jajal tuh warteg yang ‘direkomendasiin’ temen2 gw yang biasa kuliah di gedung itu

Mulailah ritual warteg gw, mata memandang ke seluruh rak kaca yang berisi aneka makanan, sementara si mbak dengan ‘sadisnya’menyendokkan nasi ke piring gw. Buseeett mata gw sempet melotot melihat takaran nasi yang diberikan si mbak (yang sok lugu) ke piring gw, ha3x.. emang udah karakteristik warteg kali ya, tempat makan kuli2, tuh nasi keterlaluan mendominasi piring gw, ibarat gedung MPR zaman orba, tuh nasi fraksi Golongan Karya

“Pake apa Mas?”

Ha..tentunya biasa, menu wajib “Tempe oreg, trus ada usus ga?” (sebangsa fear factor juga gw ya he3x..)

“Ada”

“Iya usus, kasih kuah trus sambelnya di pinggir, minumnya es teh tawar yaa”

Akhirnya dengan ala Pak Bondan Winarno gw mulai menyuapkan nasi porsi kuli tadi ke mulut bersama pendamping si tempe oreg, rasanya?

@F&^ALIZXZHDKJGD^%$@#&!)

Jaaaaaaahhhhh… baru kali ini gw makan di warteg rasanya ancur kayak gini, baik itu oregnya yang hambar, ususnya yang kompak ikutan anyep, bahkan kuah yang tadi rupanya seperti kuah santan ternyata lebih terasa seperti bonus aer doank di piring, ga berasa santannya dan ga ada anget2nya sama sekali, sambelnya pun bujuuuug cuma kayak cabe ketemu ulekan tapi ga diulek, cuma kesenggol doank, gw tetap berusaha menikmati hingga akhirnya gw menyerah pada suapan ketiga, rasa lapar gw mendadak hilang, es teh tawar pun ga mampu menaikkan libido gw untuk kembali menyantap si mbak, husss.. si nasi warteg. Dengan bergaya tampang orang yang sedang buru2 (sok berkali2 melihat jam) sebagai kamuflase pendapat gw tentang masakan warteg ini yang ga enak langsung gw bilang ke si mbak

“Berapa mbak? Pake oreg, usus, minumnya es teh tawar”

si mbak rada kaget melihat piring gw yang masih cukup penuh sambil akhirnya bilang “Lima ribu..”

Sebagai orang jawa yang ‘biasa bersyukur’ dalem hati gw berkata, untung aja ga pesen macem2 lauk, kan ruginya berasa banget kalo ternyata udah pesen macem2 tapi rasanya he3x ancur kayak gini (jadi inget komentar dosen gw di POLTEK dulu tentang kantin Pusgrafin yang dibilang minum aer, makan aer, maksudnya tuh makanan ga ada rasanya, ga berani bumbu). Selain bersyukur, hati gw juga mengumpat kepada temen2 gw yang udah ngerekomendasiin ni warteg.. Ya udahlah mungkin inilah resiko cari makanan dengan harga bersahabat walau mungkin rasanya tidak bersahabat dengan lidah (se-enggak enak-enggak enaknya gw makan di warteg, baru kali ini nih yang terasa sangat menyakitkan (he3x..)) hmm.. jadi inget kata2 adek gw yang menggambarkan warung2 makanan kayak gini : Murah Meriah Mudah Muntah…

Nih warteg yang gw rekomendasiin loe boleh coba:

  1. Warteg 21 (ga ada hubungannya dengan bioskop 21, apalagi XXI, btw OOT dikit nih, apa bedanya sih bioskop 21 ama bioskop XXI? Sama2 dibaca duapuluhsatu kan?<==ha3x.. maklum udik) di samping SMU 21 Pulomas depan pacuan kuda beehh oregnya pedesnya mantap, pedes tapi bikin ketagihan, plus gorengan tahunya bikin kenyang (thx to Irul yang udah ngajak ke sini) untuk sementara belum ada yang bisa ngalahin ni Warteg (gat au deh klo Warmo bisa, soalnya gw belum jajal warmo) Saran klo mo kesini sebelum jam makan siang, klo lewat dari itu jangan harap kebagian gorengan tahunya yang maut itu. Harga sedikit di atas rata2 warteg pada umumnya.
  2. Warteg (lupa namanya) di depan percetakan Rimbo, di jalan Cawang Baru, Jakarta Timur, rasanya cukup enak terutama bagi orang2 yang sedang nungguin cetakan dan melepas lapar, porsinya cukup (tidak skala kuli), jam 9 pagi juga udah mateng masakannya (jangan2 masakan kemaren?ha3x..)
  3. Warteg di deket UNAS, jalan sawo manila, Pasar Minggu, tapi inget klo dari UNAS pilih yang di sebelah kanan (nyebrang jalan) jangan yang di kiri. Harga beda limaratus perak doank sih, tapi dari rasa cukup jauh, yang di sebelah kanan lebih berani bumbu, lebih pas buat lidah orang Indonesia (halaaah) Saran klo mo ke sini jam 11an makanannya masih panas, baru turun kompor.

Beberapa fakta Budzaemon tentang warteg :

  1. Dulu di POLTEK klo ke warteg ada istilah TKO (Tahu, Kentang, Oreg) menu hemat, he3x.. bahkan dulu temen2 gw sempet iseng2 bikin kontes rekor makan terhemat, klo ga salah rekor pecah oleh si Beggy, dengan Rp 1500 saja, nasi pake sayur bening (iya ga Beg?), kayaknya loe sampe sekarang masih bakal pecahin rekor (hemat sih hemat Beg, tapi jangan sampe pelit gitu donk)
  2. Temen gw si Cana (yang sekarang udah di Jepang) terjangkit Thypus sampe dirawat di RS, disinyalir gara2 sambel di warteg depan kampus yang pedesnya ngujubile (walahhh) tapi tetep kita ga kapok makan di situ karena ga ada tempat makan lain, yah klo sakit anggep aja takdir, klo mati anggep aja pengalaman (walaaah mati kok pengalaman), walaupun di kemudian hari banyak teman2 gw yang mulai 'futur' (ha3x..) tidak istiqomah makan di warteg itu lagi, karena sudah mulai bermunculan tempat makan baru.
  3. Tipe tempe oreg macem2, tipe pertama, kering dan agak garing, rasanya biasanya manis pedes, (klo nyokap gw bilang namanya : kering tempe), tipe ini suka dijumpai pada hidangan nasi kuning. Tipe kedua agak basah (biasanya karena kecap) dan garing, rasanya manis dan sedikit pedes. Tipe ketiga basah dan agak lembek (Seperti di warteg 21) rasanya cenderung pedas, sedikit manis. Tipe keempat kering agak lembek, teksturnya seperti tempe goreng tapi dipotong dadu kecil2, biasanya disertai irisan cabe merah dan hijau (seperti tumis atau oseng2 tempe sih, tapi di beberapa warteg tetap disebut sebagai oreg) rasanya cenderung manis, walaupun rasa tempe goreng masih sangat mendominasi tapi ada sedikit pedas dari irisan cabe

0 Comments:

Post a Comment

<< Home