Budzaemon Uncensored!: Bingung Kasih Judul

all about budzaemon & uncensored....

Tuesday, March 25, 2008

Bingung Kasih Judul

Gw mo coba menampilkan sepotong cerita yang konon berdasarkan kisah nyata, terinspirasi dari obrolan gw dengan salah satu teman kampus.

Cerita pertama :

Panitia Masjid : Asswrwb Ustadz, ane mo ngundang ente ngisi ceramah di masjid ane, Ustadz ada waktu kapan?

Ustadz : Oh ya udah, ntar ente ane kasih kontak manajer ane aja ya, ntar biar manajer ane yang ngurus. Nomornya bla..bla..bla...(kereen ya ustadz pake manajer, maklum ustadz kondang, sering muncul di tv)

Panitia Masjid : Terima kasih Ustadz, jadi ane urusan ama manajer ente aja nih?

Ustadz : Iya...

***

Panitia Masjid : Asswrwb, dengan Akhi Fulan, manajernya Ustadz Fulan?

Manajer Ustadz : Iya betul

Panitia Masjid : Gini Mas, saya panitia masjid xxx mo ngundang Ustadz untuk ceramah di Masjid kita, kira-kira Ustadz kapan ada waktu ya?

Manajer Ustadz : Hmm, bulan depan ada kosong tanggal bla..bla..bla, Ustadz insya Allah bisa tuh

Panitia Masjid : Wah cocok tuh, trus budget yang mesti kita siapin berapa ya?

Manajer Ustadz : Kita biasanya ada paket bla..bla..bla rupiah, atau klo mo pake nasyid kita juga bisa siapin, paketnya bla..bla..bla rupiah, kita juga bisa siapin MCnya dari kita, ente transfer aja ke no rekening bla..bla..bla, ntar bukti transfernya ente fax ke ane, nomornya bla..bla..bla..., minimal 3 hari sebelum acara, trus 1 hari sebelum acara konfirmasi lagi ke ane.. (bujuug ceramah ada paket2nya kayak fastfood, belum lagi prosesnya kayak booking artis2 Republik Cinta)

Cerita Kedua :

Panitia Masjid : Gimana Akh*? Berapa nih jadi buat harga desain spanduk dan flyernya?

Orang Percetakan : Semuanya bla..bla.bla rupiah aja

Panita Masjid : Waduh ga bisa kurang lagi tuh? Kita dana ngepas nih..

Orang Percetakan : Wah, ini aja udah ane turun-turunin harga ongkos desainnya, klo harga bahan kain dan kertas mah udah ga bisa diganggu gugat, emang dari sononya segitu

Panita Masjid : Yaah, turunin lagi deh Akh, buat da’wah nih..

Orang percetakan : (ngedumel di hati sambil ngelus dada) GW MO MAKAN APAAN NANTI KLO DIKORTING GINI? MAKAN DA’WAH?

*Berasal dari kata Akhi, panggilan untuk saudara laki-laki (atau orang yang sudah kita anggap sebagai saudara)

gw ga akan panjang lebar ngebahas 2 cerita di atas, biar pembaca yang menafsirkan sendiri. Mungkinkah Da’wah berubah dari gerakan moral menjadi gerakan profesional? Lalu bagaimana dengan profesional yang ditawar dengan da’wah? Jika begitu dimana posisi nilai-nilai keikhlasan?

Buat gw sangat menyedihkan ketika nilai keikhlasan berubah menjadi nilai materi yang memiliki nilai ukuran berupa rupiah, dan lebih menyedihkan lagi ketika nilai profesional ‘dipaksakan’ menjadi nilai keikhlasan dengan tanpa sadar menzalimi orang lain karena merebut hak-haknya. Semoga pembaca dapat mengerti apa yang gw maksud, Wallahualam bishawab.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home