Budzaemon Uncensored!: The Man Who Enjoyed Riding

all about budzaemon & uncensored....

Friday, March 28, 2008

The Man Who Enjoyed Riding

“Ren ati2, gw belum kawin nih..!”

“Awas gede tuh Ren!” (klo papasan dengan truk)

“Nyet, awas ntar lobang di kiri, jangan terlalu kiri ngapa”

“Ya elah, ngantri aja kali, ngapain maksain pake turun ke tanah gini sih? Ribet dah”

“Bang, pelan2 aja jalanannya rusak gini, klo kepleset lumayan malu”

Itu komentar2 gw ketika dibonceng motor. Dua yang teratas adalah komentar khas gw pada salah satu sobat baik gw si Reno (Kangen juga gw dibonceng loe Ren, sambil nyanyi lagu2 ratu bareng huahahaha.. najeesss). Klo kata Reno gw klo dibonceng cerewet kayak ibu2, sial. Sedangkan komentar2 di bawahnya adalah bentuk paranoid gw sekarang kalo dibonceng motor. Entah kenapa, sejak gw kemana2 bawa motor sendiri, gw seperti parno klo dibonceng motor oleh siapapun, termasuk oleh bokap gw sendiri. Mendingan gw yang bawa tuh motor. Ya memang nasib pembonceng tidak bisa menentukan arah lajunya motor dan harus benar2 percaya pada skill si pengemudi, sehingga rasanya ketika (misal) si pengemudi mengambil keputusan untuk mendahului atau nyalip kadang ada rasa khawatir di hati jikalau perhitungan si pengemudi salah.

Sedangkan seperti apa gaya membawa motor gw? Klo dulu mungkin gw tipe orang yang emosian (maklum motor masih baru, masih sombong he3x...), sehingga ga jarang kebun binatang dan kata2 yang paling parah bisa keluar dari mulut gw, tapi sekarang? Jujur aja, gw sekarang jadi tipe yang santai dan menikmati dalam membawa motor. Sebagai contoh ketika jalanan macet dan hampir semua motor berbondong2 naek ke trotoar, atau rela2 turun ke jalan tanah di sebelah kiri demi bisa maju, gw tipe yang lebih baik menunggu ikutan mengantri di belakang mobil. Hingga kadang sikap gw ini membuat pengemudi mobil di belakang gw kesal (lho? Kenapa kesal, kan sama2 ngantri, turun ke tanah atau naek ke trotoar? Ogah, ngerepotin, bikin motor cepet rusak pula) hingga pernah ketika dulu masih jamannya jalan sama si Teteh hampir mo ngeladenin supir mikrolet di belakang gw yang rese ngeklakson2. Begitu juga ketika lewat jalan kampung yang relatif sepi ya dibawa santai aja, kadang gw suka gondok juga melihat kelakuan pengendara lain yang lewat jalan kampung serasa balapan di sirkuit, klo udah gitu tinggal ngurut dada sambil komen “Ya elaah Mas, santai aja ngapa, kampung nih, klo mo ngebut, nyentul gih sana, kenapa ga kuat bayar tiket masuk dan sewanya yah?” He3x...

Berarti gw ga pernah ngebut donk? Definisi ngebut buat gw adalah sesuai kebutuhan, ngebut dibutuhkan ketika memang kondisi jalanan mengharuskan demikian, misalkan di jalan yang besar dan lurus dimana highspeed diperlukan, karena justru klo kita ga ngebut bisa2 diseruduk kendaraan di belakang kita seperti di Cawang, Gatsoe, dsb. Atau ngebut memang di kondisi jalanan yang kita yakin aman dan hafal. Misalkan gw suka melakukan pelepasan ‘nafsu ngebut’ di fly over kalibata. Kalau dulu sih ada track favorit gw di jalan raya Radin Inten, tapi sekarang tuh jalur menurut gw udah ga aman, karena ada beberapa lubang yang cukup besar dan bagi gw sangat berbahaya untuk dilewati dengan kecepatan tinggi (padahal di sini ada jalur invisible chicane ala sirkuit Mugello yang enak dilibas sambil gaya semi rebah). Memang di beberapa kesempatan gw juga berubah jadi tipe gaspol rempol tapi itu jarang banget dan lagi2 mesti liat2 sikon, baik jalan maupun motor.

Untuk menghindari kemacetan, sering gw sengaja memilih jalur2 yang secara jarak hitungannya lebih jauh, tapi tidak macet, walaupun mungkin secara perhitungan waktu sama saja, tapi dengan arus lalulintas yang tetap berjalan membuat otak setidaknya lebih nyaman ketimbang menunggu antrian (termasuk ketika nganterin si japanholicgirl, sekalian klarifikasi, jadi waktu itu bukan gw lama2in atw sengaja gw jauh2in, tapi karena emang ngehindarin macet, tau sendiri kan gimana capeknya klo macet pake motor nungging gini). Trus klo macet gimana? Yah ga dipungkiri lagi jalur kalimalang setiap pagi dan sore bak jalur neraka yang siap membunuh waktu. Klo udah begini lebih baik otak disiapkan agar tidak stress maksudnya kita siap secara mental bahwa memang kenyataan yang terjadi adalah macet. Mengutip kata2 Kak Seto di tabloid M+, dengan mempersiapkan mental maka dapat membuat tingkat adrenalin tetap normal sehingga rasa tekanan seperti stress, kesal dsb dapat diminimalisir. Buat gw klo emang udah macet ya dinikmati aja, toh macet bareng2 kan? He3x, jadi ga usah ngoyo nerabas jalan tanah, naek trotoar, rebutan jalan dan sebagainya, sedikit tips dari gw, biasanya klo macet gw akan bernyanyi2 sendiri lagu2 yang lagi trend (halah istilah bekennya top 40 huahaha, atau klo lagi alim biasanya ngapalin doa2, jaaah) atau komentarin motor2 yang ada di sekitar gw, misal “Wah mas, ga oke tuh windshieldnya ga sesuai dengan konsep modifnya” atau “Mas, motor keren, tapi ceweknya kasih helm donk he3x..!”,he3x.. cuek aja kedengaran kayak orang gila, yang penting kan ga stress, Jadi jangan heran klo gw boncengin dan denger mulut gw ngoceh sendiri. So what? I am just the man who enjoyed riding.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home