Budzaemon Uncensored!: Nasionalisme dari Hati untuk Jati Diri

all about budzaemon & uncensored....

Saturday, August 15, 2009

Nasionalisme dari Hati untuk Jati Diri

“Bud.. pasangin bendera.., mumpung inget” itu kata2 nyokap gw Rabu siang kemaren. Mang udah tanggal berapa yah?? 17an perasaan masih beberapa hari lagi, tapi yo wis lah gw pasang, bener juga mumpung inget dan mumpung gw ada di rumah juga sih.

“Tiangnya yang mana Bu, pake bekas sogokan debu yah..” kata gw ngawur, soalnya di depan gw ga nemuin tiang bambu yang biasanya (halah ‘biasanya’, cuma setahun sekali) buat ngibarin nih bendera, yang ada bambu panjang dengan ijuk2 di ujugnya biasa buat ngebersihin langit2, lumayan lah dibalik ga ketara, mo beli tiang lagi? Ehm sesuai analisa ekonomi adek gw, bulan2 ini tiang bambu bercat merah putih mendadak menjadi barang bernilai ekonomi tinggi, ketika demand tinggi maka hukum permintaan berlaku, price pun naik, apalagi di tempat gw tukang tiang tergolong jarang lewat (klo pun lewat waktu2nya tak terduga, atau dikenal dengan istilah insidental) terjadilah pasar monopoli, dimana sang abang dengan seenaknya bisa mematok harga jauh dari harga eceran tertinggi (buseeett mangnya minyak tanah..).

“Bukan, deket tanki aer ada tuh bambu taun lalu, nyari pake mata ngapa..” jawab nyokap gw dari dalem, gw liat2 lagi.. weleh, ga ada bedanya ma bambu sogokan debu yang gw pegang, emang sih bambu yang ini ada ga ada ijuk2nya, tapi kondisinya 11-12, cat merah putih cuma tersisa di selipan2 ruas bambu aja, selebihnya?? Ya sama kayak bambu sogokan debu, warna coklat.

Tiang udah dapet sekarang mana yah benderanya, gw pilih bendera dari lipatan2 cucian, ada tiga bendera. Yang satu paling gede, tapi warna merahnya udah rada coklat, mungkin mirip sama sang saka merah putih yang ada di istana yang ga pernah dikibarin lagi. Satu lagi warnanya masih oke banget tapi.. laaahh, warna putihnya semu2 merah, kelunturan. Nah terakhir ini yang paling mendingan, warna masih oke cuma ukurannya rada kecil, but it’s okay.

Gw panggil adek gw buat bantuin pegangin tiang ketika gw iket tuh bambu ke pagar, lagi2 nyokap teriak “Jangan dipasang dulu, beli tali rafia dulu deh..buat ngiketnya”

“Gampang Bu,ga usah boros2, cuma seminggu doank dikibarin, sayang duitnya” gw berusaha memberi alasan logis melalui pendekatan ekonomis, dan hal ini diamini oleh adek gw yang emang udah ngelotok kuliah ekonomi tapi sampe sekarang belum lulus2.

Padahal sih, gw males aja jalan ke warung karena itu berarti gw mesti ke dalem lagi ganti celana panjang dulu, ribet.

“Lah mo diiket pake apaan Mas?”tanya adek gw heran

“Tenang, loe lupa, klo abang loe ini Mac Gyverr..” kata gw ngeles, padahal dalam ati bingung juga, diiket pake apaan yah? Mata gw berkeliling dan.. eurekaa..pandangan gw terpaku pada jemuran, tepatnya hanger (gantungan baju) yang bertumpuk dan beberapa ada yang terbuat dari kawat. Gw ambil satu toh ga ngaruh (ga ketahuan maksudnya). Dengan modal tang, tuh hanger gw urai jadi kawat yang kemudian gw gunakan sebagai pengikat antara bambu dengan pager..

“Mantap kan.. ga pake keluar duit..” kata gw bangga. Trus adek gw bilang

“Gila loe, klo Bung Tomo ngeliat, dia pasti bilang : Kurang ngajar Loe, gw udah capek teriak2 pidato 10 november, loe ngiket bendera yang bener aja males...”

“Lah, ini dimana ga benernya Son? Bendera berkibar ga kebalik, tiang tegak, udah beres..” kata gw lagi2 ngeles..

“Iya juga sih, yah oke lah klo gitu, yang penting kan hati kita tetep merah putih yah.. ga sia2 gw kuliah di Universitas Jenderal Sudirman, setiap hari melewati tuh patung”

“Lah apa hubungannya??” giliran gw yang jadi dongo

“Yah, minimal gw jadi selalu inget aja, kemerdekaan ini tidak didapet dengan mudah, Sudirman aja kondisi sakit terus gerilya, nah karena hal itu setidaknya setiap gw belajar lagu2 Blues Eric Clapton ama Hendrix, gw ga pernah lupa untuk ngulik komposisinya Ismail Marzuki yang berbau2 Jazz..., atw ketika temen2 gw pada sok2an berjadul2 dengan Beatles atw Rolling Stones, gw bangga dan ga malu maenin lagu2 Koes Plus” Ooouw ceritanya adek gw sedang sok berfilosofi nasionalisme, cuma pake kiasan favoritnya dia yakni bidang genjrang-genjreng. Trus apa hubungannya ngiket tiang bendera bendera dengan nasionalisme? Hmmm dengan mengibarkan bendera setahun sekali ini bisa menumbuhkan nasionalisme di dalam diri walaupun dengan cara yang paling sederhana, jangan ngeliat dari cara ngiket benderanya tapi coba liat gimana perjuangan gw masang bendera itu dengan segala keterbatasan (baca : males beli tali :-P). Jangan memaknai arti kemerdekaan dari sekedar hingar bingar kemeriahan perayaannya saja, tapi maknai dengan bangga menunjukkan jati diri sebagai bangsa Indonesia. So kegiatan ‘pasang bendera’ sore itu ditutup dengan penghormatan gw sama adek gw ke bendera di depan rumah, mungkin terlihat aneh diliat orang2 lewat, ngapain nih orang pake celana pendek, baju rumahan, kok hormat sama bendera? Yah itu lebih baik kali yah, daripada pake baju rapi tapi cengengesan pas upacara (jadi inget jaman gw sekolah dulu :-P)

Maaaf klo tulisan di atas rada2 ga nyambung dan dipaksain, toh kita kan udah merdeka, jadi bebas kan menyuarakan isi hati.. Merdeka!!!!!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home