Budzaemon Uncensored!: Tips aman dan nyaman join di milis

all about budzaemon & uncensored....

Friday, October 06, 2006

Tips aman dan nyaman join di milis

  1. Pilih2 topik dan judul yang akan diposting, sebisa mungkin hindari topik dan judul yang sensitif seperti SARA (kecuali milis yang sudah segmentif seperti milis2 agama). Judul provokatif boleh2 saja, tapi sekali lagi jangan yang bersinggungan dengan SARA (ye... klo yang namanya SARA, orang yang lagi mabok aja bisa tersinggung). Misal : Subject : (Degradasi Moral) Artis2 Muda Pesta Bugil di Toilet Isinya? He3x.. gambar balita2 lagi pada mandi :-P (makanya jangan ngeres bin piktor dulu..)
  2. Berpikiran terbuka dan positif terhadap semua postingan yang muncul.
  3. Jikalau ada rasa ketidaksetujuan terhadap postingan, tanggapi dengan kata-kata yang bijak dan intelektual, jangan emosi hingga memprovokasi
  4. Apabila terjadi pertentangan pendapat, hindari sikap memihak terhadap sebagian anggota milis (sama pendapat boleh tapi jangan sampai berkubu pada salah satu pihak). Lebih baik bersikap menengahi (cover both side) dan tidak menambah kisruh pertentangan. (atw lebih baik ‘puasa posting’ dulu sebagai sarana cooling down)
  5. Setelah terjadi pertentangan, lakukan cooling down, misal melempar topik2 yang sifatnya santai, lucu dan tidak memancing untuk mengungkit lagi pertentangan yang baru saja terjadi.
  6. Bersikap dewasa untuk meminta maaf dan klarifikasi ketika melakukan kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja, serta tidak mengungkit2nya kembali (case closed)
  7. OOT mode terkadang dibutuhkan untuk menambah segar milis tapi harus tahu batasnya (jangan sampai ngejunk terlalu banyak, kasian menuh2in inbox orang)
  8. Atur jadwal Kopdar (kopi darat) untuk seluruh anggota milis, selain sebagai forum tatap muka, kopdar juga berguna untuk lebih saling mengenal anggota milis yang selama ini hanya bisa berinteraksi melalui dunia maya.
  9. Hmm.. itu aja kali yah... mungkin ada yang mo nambahin???

0 Comments:

Post a Comment

<< Home