Budzaemon Uncensored!: Satu Semester

all about budzaemon & uncensored....

Tuesday, January 16, 2007

Satu Semester

Hossshh.. Ujian hari terakhir kemarin kelar juga (dengan penuh perjuangan karena diwarnai dengan kegiatan nguber2 tugas, belajar, plus ngejar2 n akhirnya bisa hanimun ama si Teteh huehehehe) .... akhirnya dapet juga gw satu semester kuliah di kampus yang baru ini. Berarti masih ada 7 semester lagi plus semester tak terduga (ibarat proposal dana pasti ada list dana tak terduga, nah klo gw semester tak terduga he3x.. iyalah, blon nyuci nilai, skripsi, jadi 7 semester lagi itu adalah idealnya, dan gw ga mo berpikir ideal tapi harus berpikir realistis) yang mesti gw jalanin. Hmm.. satu semester ini cukup garing buat gw, sebut aja jadwal kuliah yang cuma 3 hari, dosen yang jarang masuk (padahal dulu di awal nih dosen yang paling sering gembar-gemborin laporin aja klo ada dosen males he3x.. senjata makan tuan ya pak?), pensi hampir tiap minggu, ga punya temen, aaahhh pokoknya bete banget di kampus ini (seperti yang pernah gw bilang, hal favorit gw di kampus ini adalah jam pulang kuliah he3x..karena artinya gw bisa segera bertemu Teteh tersayang.. deeuuu) Selama satu semester ini apa sih yang gw dapet? SIM he3x... karena di semester satu ini gw ikutan SIM kolektif, selebihnya? Apa yah? biasa2 aja kali yah, ga ada ilmu gw yang nambah, kecuali ilmu melawan kegaringan plus ilmu menahan asap rokok yang akhirnya makin terasah.

Iseng2 gw mo nyoba nulis karakter2 dosen yang ngajar gw di semester satu ini, buat Bapak dan Ibu dosen terhormat, he3x.. maaf yah klo tulisan ini nyinggung tapi ini tulisan jujur dari hati nurani seorang mahasiswa, justru bisa dijadikan bahan instropeksi diri buat bapak dan ibu sekalian

  1. Tipe Ekhibisionis Dari semua tipe, tipe ini yang paling banyak gw temui dari seluruh dosen pengajar gw di semester kemarin. Kebanggaan akan pengalaman (yang ditandai dengan background sejarah hidup), statusnya sekarang serta rasa ingin berbagi yang berlebihan menjadi faktor-faktor yang mempengaruhi tipe ekhibisionis ini. Biasanya dosen tipe ini tidak segan2 ‘berbagi’ pengalaman dengan memberinya kemasan : merendahkan diri menaikkan mutu. Cerita-cerita pribadi dari masa lalu si dosen pun keluar tanpa perlu wartawan gosip untuk mengoreknya. Dan cerita-cerita masa lalu itu biasanya sarat dengan nilai2 romantisme moral yang klasik. Seperti kisah tentang pertobatan hati, perjalanan hidup, status di masa lalu dsb. Semua itu berguna untuk menakut-nakuti mahasiswa agar tunduk dan menjadi tidak kreatif karena udah jiper duluan jika akan berhadapan dengan si dosen. Sebenernya hal ini ga masalah, cuma akan menjadi masalah ketika jam kuliah malah dipakai oleh si dosen untuk menceritakan kesombongan masa lalunya dan sesi mendongeng ini memakan porsi lebih banyak ketimbang sesi transfer ilmu matakuliah...

    Yang gw gedeg, ada satu dosen ibu2, jarang masuk (alasannya ada aja, sakit gigi lah, pusing lah, pas masuk, ngajar cuma sebentar karena sakit tenggorokan lah..kok penyakitan bgt sih Bu, klo sakit2an gitu mending pensiun ngajar aja, kan saya bayar nih...), giliran masuk ngajarnya cuma sebentar (itu pun datengnya juga telat) dan itu cuma dengerin cerita2nya kehebatannya dia aja...materi kuliah dikit banget yang diajarkan... pas ujian nilainya jelek dia nyalahin anak2.. lah???

  2. Tipe Pinter tapi Bego Nah ini dosen yg gw ceritain dalam tulisan gw sebelumnya. Sebenernya pinter cuma karena ga nguasain materi n berasal dari background disiplin ilmu yang berbeda dengan apa yang sekarang diajarnya, dosen ini jadi keliatan (dan emang bener) bego. Parahnya nih dosen ngajar mata kuliah yang urgen banget di jurusan gw. Makanya klo gw ga lulus makul ini sih kebetulan, karena gw ingin ngulang makul ini dengan dosen yang benar2 mengerti materi yang diajarkannya. Nih dosen cuma menang garang doank.. sebenernya dalam ilmu mengajar ada dua faktor yang patut diketahui oleh seorang pengajar <==sok tau padahal gw bukan anak IKIP. Pertama Penguasaan materi, kedua metode penyampaian. Nah dulu ketika di POLTEK, kebanyakan dosen gw adalah para praktisi, metode penyampaian mereka ga semuanya bagus, tapi karena mereka adalah praktisi yang nota bene ahli dibidangnya maka penguasaan materi mereka amat sangat bagus. Sehingga kelemahan metode penyampaian bisa tertutupi dengan penguasaan materi yang nglotok di kepala mereka. Klo dapet tipe yang kayak gini sebenernya caranya gampang, tinggal mahasiswanya aja kritis, ajak ngobrol nih dosen, atw pancing ilmu si dosen biar keluar dengan banyak bertanya, maka secara tidak langsung proses transfer ilmu akan berjalan. Beda ama dosen Pinter tapi Bego yang gw maksud di kampus gw yang sekarang ini. udah ga nguasain materi, ilmu penyampaiannya juga ga bagus (padahal dosen komunikasi <==yah kesebut deh.. biar deh cuek).. masa ngasih definisi komunikasi verbal dengan komunikasi non verbal, ga jelas gini, udah gitu ga bisa ngasih contoh masing2 definisi dengan signifikan. Mungkin karena nih dosen backgroundnya politik kali ya? Sehingga klo bicara komunikasi ga jauh2 dari ruang lingkup politik seperti kekuasaan, ketatanegaraan, dsb padahal kan bisa bicara soal kemediaan (dan media bukan cuma koran aja Pak..., makanya saya bikin tugas soal blog yang merupakan salah satu media..). Udah gitu jarang masuk pula beeehhh lengkaplah penderitaan gw sebagai mahasiswa komunikasi yang seharusnya sudah mendapatkan doktrin2 komunikasi (Wahai Pak Efendi Ghazali klo boleh saya ingin kuliah sama Bapak aja, he3x.. tapi sayang Pak, saya ga sanggup bayar uang kuliah di UI apalagi bayar uang masuknya he3x...)
  3. Tipe Tua-tua Idealis Nah, tipe ini bisa dikatakan mendinganlah.. walaupun metode penyampaiannya ga bagus, tapi idealismenya untuk berbagi ilmu yang dikuasainya bikin gw salut. Ditandai dengan sikap biasa aja, low profile (ga nyangka ternyata ni dosen ngajar di UI juga beeehh.. beda ama dosen2 tipe pertama tadi yang banyak omong tapi he3x...) dan biasanya menghendaki segala sesuatunya textbook. Bagian terakhir itu yang paling ga enak dan kelemahan utama dari tipe ini. Sistem textbook menurut gw cuma menghasilkan generasi penghafal materi saja, bukan generasi yang mengerti materi. Akhirnya bikin mahasiswanya jadi kreatif bikin kebetan ketika ujian.. duuuuhh... untung gw ga ikut2an
  4. Tipe Sok Asik padahal Ga Asik Tipe terakhir ini, tipe paling lumayan untuk semester satu ini. Orangnya tua, rajin masuk, ga pernah marah, sok asik, sok gaul tapi? Ada pernyataanya yang bikin gw ilfeel ama nih dosen ketika dia melihat nilai anak2 sekelas jeblok, penryataan yang secara tidak langsung menyarankan agar anak2 itu mencontek pada saat ujian... Beehhhh..akhirnya predikat sok asik gw tambahin lagi dnegan kata2 padahal ga asik...he3x.. sori Bun...

Itulah tipe2 dosen pengajar gw di semester satu ini.. mudah2an di semester 2 gw bisa dapet dosen yang lebih baik daripada tipe2 di atas. (btw Buds, jangan selalu mencari kesempurnaan dari seseorang padahal diri kita ini tidak sempurna... iya2x... kan gw udah bayar so, gw Cuma ingin yang terbaik aja kok.. (klo mo yang terbaik pilih kampus yang mahal donk..., jangan di kampus murah meriah gini... wajar kali))

0 Comments:

Post a Comment

<< Home