Budzaemon Uncensored!: Tiga Buku untuk Blogger

all about budzaemon & uncensored....

Tuesday, January 16, 2007

Tiga Buku untuk Blogger

Udah setahun lewat gw ngeblog tapi baru kemarin gw baca komplit kambingjantan-nya Raditya Dika. (itu pun bacanya di Gramed, sampe diliatin satpam, sebodo teing lah.. lagian buku dipajang kan buat dibaca (salah yang bener buat dibeli...he3x.). lumayan satu seperempat jam dapet ¾ buku (huahahaha... klo pengunjung gramed kayak gw semua dijamin ga sampe setahun tuh toko akhirnya berubah jadi perpustakaan) dan akhirnya gw khatamkan dengan kambingjantan pinjaman dari si Teteh, yang sebenernya tuh kambingjantan kado ultah dari gw untuk dia<===huuu memalukan, kasih kado, tapi kadonya dipinjem lagi karena belum baca he3x.. ). Wuaaahh.. ini buku keren abis. Pengen banget blog gw bisa kayak gitu he3x.. tapi mana mungkin, kemampuan komunikasi gw payah.. (ngomong aja kadang ga jelas, apalagi nulis he3x.., makanya gw kuliah ngambil komunikasi walaupun akhirnya dapet dosen komunikasi yang sama payahnya (baca: lebih parah) kayak gw (lagian orang background politik suruh ngajar komunikasi, yang ada klo ngasih contoh selalu bau2 partai-lah, DPR-lah, Presiden-lah, he3x.. baca soal dosen gw ini ditulisan selanjutnya)

Kayaknya nih buku harus jadi buku wajibnya para blogger, ibarat dulu sewaktu SD buku2 terbitan Yudhistira jadi kitab sucinya anak2 SD segala macam aliran (mulai dari matematika (covernya dengan ilustrasi wajah yang tersusun atas angka-angka), PMP (gambar burung garuda), PSPB (cover ilustrasi potret wajah para pahlawan di dalam bulatan2 (hmm.. jadi inget video game fighting, pas milih jagoan he3x..) yang biasanya jadi target iseng anak SD dengan menambahkan kumis dsb)). Yup nih buku pokoknya bisa dibilang kitab sucinya para blogger Indonesia (menurut gw lho, dan itu untuk sementara ini, tau deh, klo ntar gw nemu buku yang lebih bagus lagi he3x..). Jadi buat para blogger, mendingan baca buku ini sebelum ngeblog biar jago.. (ga kayak gw, terlambat membaca, akibatnya blog gw seperti umat yang kehilangan arah, bak anak domba yang tersesat, tidak ada penggembalanya...halaah). Go Radith...Go..

Buku kedua judulnya NgeBlog So What Gitu Loch.. karya Kukuh Prakoso. Sebenernya gw kepaksa beli buku ini demi ngejar tugas UAS. Kebetulan gw mo nulis soal blog, nah berhubung ga punya referensi untuk mendukung keilmiahan tulisan gw, akhirnya gw pilih nih buku untuk jadi bahan referensi. Soalnya di dalam buku ini cukup memberikan informasi singkat tentang sejarah blog dan filosofinya beserta contoh-contoh kasus blogger dunia. Agak gedeg juga ketika gw harus beli nih buku yang tinggal satu-satu2nya di Gramed, udah ga ada plastiknya, lecek, belel, halaman n covernya kompakan memble (maksudnya udah ga bisa rapet lagi, nganga, kebuka ç=tanda nih buku udah dibuka2 n dibaca ama orang2, alias ga perawan lagi he3x..), udah gitu pas gw tanyain ga dapet diskon lagi (padahal gw berharap ada kebijakan diskon karena kondisi buku yang udah ga 100% dan tinggal satu2nya itu). Klo ga karena gw mesti nguber waktu untuk tugas malem itu, pengen rasanya gw ga jadi beli tuh buku, atw gw cari di gramed (atw bahkan toko buku) yang lain. Walaupun banyak buku2 sejenis yang juga berisi hal2 teknis tentang blog (terutama untuk pengguna blogger.com), tapi bab-bab awal yang menerangkan soal sejarah dan filosofi blog yang menjadi kelebihan buku ini ketimbang buku sejenis (bab tersebutlah yang gw butuhkan pada malam itu untuk menyusun tugas UAS).

Buku ketiga judulnya Blog, Media Menulis Tanpa Batas karya Erwin Sutomo, isinya? He3x.. cukup informatif walaupun rada nyesel juga belinya.. ternyata isinya tidak banyak membantu penulisan tugas pada malam itu (he3x.. maaf yah Mas Erwin). Justru gw mo menyoroti buku ini dari sisi gaya penulisan, (ini pendapat pribadi lho Mas, sebagai mantan mahasiswa jurusan Penerbitan yang sempat mempelajari gaya-gaya penulisan naskah untuk buku) gaya penulisan dan gaya bahasa dalam buku ini agak-agak aneh untuk terbit jadi buku, untuk sebuah tulisan non fiksi yang tergolong ilmiah (karena disertai hal2 berbau teknis), bahasa di dalam buku terkadang di satu sisi bergaya informal yang subyektif dan di satu sisi formal tapi disuguhkan dalam satu kesatuan kemasan yang formal <===bingung ga? gw aja bingung mo ngejelasinnya he3x.. gampangnya gini : klo mo dikemas formal dan ilmiah, gaya penulisan harus formal, sedangkan klo ingin kemasan informal, sekalian dibikin informal, jangan campur2 gitu.. jadi ga enak aja bacanya (atw ciri ini memang jadi gaya selingkung penerbitnya???hayo apa itu gaya selingkung? (awas salah baca jadi gaya selingkuh?) tanyakan pada orang2 penerbitan pasti mereka dengan senang hati memberikan definisi gaya selingkung). Tapi sekali lagi buku ini cukup layak untuk jadi bahan referensi para blogger, karena juga dilengkapi dengan direktori blog Indonesia.

Jadi tiga buku untuk para Blogger dari gw : Kambingjantan, NgeBlog So What Gitu Loch, Blog, Media Menulis Tanpa Batas...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home