Budzaemon Uncensored!: Ga Bisa Naek Sepeda

all about budzaemon & uncensored....

Friday, March 28, 2008

Ga Bisa Naek Sepeda

Kondisi fisik gw yang sekarang gw akui jarang (malah mungkin tidak sama sekali) melakukan olahraga sempat terpikir untuk iseng2 bersepeda, syukur2 bisa ikutan Bike To Work (kayak si Irul, salut gw buat Irul) badan sehat, hemat ongkos, tapi he3x.. jujur aja gw ga bisa naek sepeda. Dulu pernah sih naek sepeda, tapi jaman SD.

Pertama kali belajar naek sepeda, gw kelas 2 SD, di depan rumah siang2 bolong, diajarin sama kaka gw (dulu rumah gw masih di daerah Pangkalan Jati). Bermodalkan sepeda warna merah bekas kaka gw yang masih menggunakan ban mati (itu lho ban yang terbuat dari karet solid, ga pake angin, ga pake dipompa, kebayang kan gimana kerasnya), joknya ada gambarnya Candy-candy (pokoknya mirip tokoh Candy2 gitu lah), bisa digenjot ke belakang (istilahnya dulu sepeda torpedo) dan ga pake rem (klo mo ngerem ya udah tahan aja genjotannya, pakem tenan). Semangat latian, hingga akhirnya gw bisa dan jago naek tuh sepeda, sampai suatu saat pernah gw ceritanya pengen ikutan kayak temen2 gw yang ke sekolah pake sepeda, tapi emang dasarnya terbiasa jalan kaki, pas pulang gw ga sadar klo gw tadi pagi berangkat pake sepeda, itu sepeda tertinggal di parkiran sekolah, sampe ketika sore gw mo maen sepeda gw sadar klo sepeda gw ketinggalan di sekolah. Masa bermesraan dengan sepeda itu ga berlangsung lama, sekitar satu tahunan aja, soalnya setelah itu gw mulai malu pake sepeda merah tsb, ya itu sepeda jadul banget, pake ban mati, ga pake rem, torpedo pula. Waktu itu, mulai musim sepeda ala sepeda gunung (model MTB federal dengan stang lurus (klo istilah stang motor,stang gaya drag bar) dan tarikan rangkanya juga serba lurus) sedangkan stang sepeda gw gaya stang bengkok mirip sepeda mini yang cenderung pemakainya cewek (padahal gaya stang sepeda kayak gini sekarang tren lagi, dipake anak2 lowrider) klo diinget sedih juga sih, dulu sepeda bekas kaka gw itu sering gw cuci, bahkan beberapa bagiannya gw cat lagi bareng bokap (pake cat kuda terbang). Lagipula saat itu minat gw maen sepeda juga udah ga terlalu besar lantaran temen2 juga udah jarang yang maen sepeda, beralih ke mainan2 moderen yang mengandalkan ‘ngumpul rame2 di satu rumah’ macem tamiya hingga video game (waktu itu masih jamannya nintendo, spica dan sega he3x..inilah era dimulainya kehancuran fisik anak2 indonesia).

Menginjak kelas 6 SD kembali hasrat untuk mengendarai sepeda muncul lagi karena terdesak kebutuhan akan transportasi saat itu. Yah, yang namanya kelas 6, sepeda jadi sarana transportasi efektif, buat ke rumah temen ngerjain tugas kelompok, ikutan lomba lukis (damn!), fotokopi soal2 ebtanas tahun lalu, mondar-mandir nyari pensil 2B buat Ebtanas, belom lagi mesti ke sekolah dadakan karena harus cap tiga jari (he3x, disitu mah ditulisnya yang berhubungan dengan pendidikan semua, padahal dulu sepeda perlu buat ke Naga Supermarket maen dingdong (ha3x), bolak-balik ke rumah Onggo tuker pinjem kaset Sega dan Nintendo (btw Onggo gimana kabarnya?). Walaupun sebagian temen2 gw yang tajir udah mulai pada pake motor termasuk si Onggo. SMP kelas satu klo ga salah, akhirnya gw dibelikan sepeda Senator (he3x... ini dulu merek bajakannya Federal, klo ga sanggup beli Federal yang 350rb ke atas, merek senator yang 250 rb sudah cukup mumpuni), lumayan lah Mountain Bike dengan transmisinya 18 speed (3 di depan, 6 di belakang) merek Shimano (belakangan ini gw baru tau klo Shimano itu termasuk aksesoris variasi sepeda kelas atas, bahkan sekarang mulai dicari2 lagi oleh para freestyler motor untuk membuat alat gantung gas di stang dan karbu, supaya motor bisa tetap jalan ketika lepas tangan). Mungkin karena udah lama ga naek sepeda gw jadi kikuk untuk kembali mengendarai si roda dua itu, yang ada ketika gw naek lebih banyak goyang kanan kirinya, hingga pada suatu saat gw seperti frustasi dan memutuskan untuk berhenti belajar naek sepeda, alasan gw waktu itu, ntar aja deh klo udah rada tinggi, soalnya memang tuh sepeda buat gw terasa masih terlalu tinggi, kaki aja jinjit untuk duduk di sadel (padahal tuh sadel udah disetel ditingkat paling rendah). Sejak itu gw seperti lupa untuk menggunakan sepeda (boong banget tuh pepatah inggris yang bilang, “seperti naik sepeda, sekali bisa, tidak akan pernah lupa caranya...”), karena juga jalanan daerah rumah gw sudah mulai ramai, dan zaman sepertinya sudah berubah menuju zamannya motor sebagai alat transportasi jarak dekat. Sampai saat ini, tuh sepeda nasibnya memprihatinkan, sejak dibeli sampe sekarang (mungkin klo dihitung kilometernya seperti motor) jarak yang ditempuh masih sangat sedikit belum sampai 10km kali, beberapa bagian berkarat parah sampai tidak bisa digerakkan, walaupun begitu sisa2 eksklusifitas sepeda tsb sebagai barang yang jarang dipakai masih terlihat seperti catnya yang berwarna hitam dengan gliter hijau masih sangat bagus dan mengkilap.Sekarang gw kemana2 pake motor, bahkan jarak dekat yang dulunya biasa gw lahap dengan jalan kaki, sekarang terasa amat jauh dan melelahkan apabila tidak menggunakan motor. Kemarin2 gw sempet jajal itu sepeda, hanya keliling muter2 garasi sih (ga berani gw pake keluar) he3x, ternyata sama aja, gw masih kikuk pake sepeda, makanya temen2 pada bilang aneh ngeliat gw bisa naek motor tapi ga bisa naek sepeda, bagi gw naek motor itu lebih mudah ketimbang naek sepeda, makanya gw salut buat para pengendara sepeda yang mampu bermanuver lincah sambil membawa barang yang banyak (misalkan naek sepeda boncengan, tukang somay, tukang buah yang bawa keranjang segede2 gaban di kanan-kiri sepeda).

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

sama sy jg sepedanya merk Senator mas Budi. kalo boleh lihat difoto dong sepedanya jg. main2 diblog sy www.abramsp.wordpress.com

10:59 PM

 
Anonymous Anonymous said...

sama sy jg sepedanya merk Senator mas Budi. kalo boleh lihat difoto dong sepedanya jg. main2 diblog sy www.abramsp.wordpress.com

11:00 PM

 

Post a Comment

<< Home