Budzaemon Uncensored!: Koleksi Lawas

all about budzaemon & uncensored....

Friday, March 28, 2008

Koleksi Lawas

Iseng2 bongkar2 rak buku gw, karena emang rumah lagi dibenahin dan mulai2 mencari barang2 apa aja yang perlu dibuang tiba2, OMG, gw menemukan sebuah harta karun yang dulu nilainya amat sangat berarti buat gw, apakah itu? He3x.. koleksi kartu Street Fighter II gw. Ya, dulu jamannya SD selain jadi kolektor gundu (mulai gundu planet sampe gundu susu), gambaran (khas banget yah mainan anak jaman dulu) koleksi gw yang paling berharga adalah koleksi kartu streetfighter ini. Gw taruh di album perangko, gw mulai mengoleksi kartu ini ikut2an temen komplek gw yang emang lagi musim. Biasalah jaman dulu kan yang namanya mainan musiman, lagi musim tamiya, tamiya semua, musim nintendo, nintendo semua, nah ini juga ceritanya lagi musim koleksi kartu. Dibarengi pada saat itu gamenya sedang populer banget di dingdong* (dulu versi sega dan nintendonya masih susah dicari, adanya di dingdong doank). He3x.. inget banget dulu duit jajan malah dibeliin kartu kertas kayak gini, malah kadang bela2in ga jajan di sekolah demi koleksi kartu, klo ketahuan nyokap gw pasti diomelin setengah mati, dan besok2nya sampe bela2in boong klo minta duit “bukan buat beli kartu kok”.

Dulu untuk mendapatkan kartu ini gampang-gampang susah, gw dan teman2 biasa mendapatkannya di abang2 tukang mainan baik itu yang keliling komplek maupun yang mangkal deket sekolahan. Harganya cukup mahal buat bocah seumuran gw saat itu (bayangin waktu itu dolar masih Rp 1600-2000) yaitu selembarnya seharga Rp 100, klo beli Rp 200 dapet tiga lembar. He3x.. kadang ketika kita nemu kartu yang langka dan belum punya duit sampe dibela2in kongkalikong dengan si abang mainan, yakni dengan menyimpan kartu tersebut di bawah mainan2 lain supaya kita bisa pulang dulu minta duit trus kita balik lagi tuh kartu masih ada belum dibeli oleh yang lain he3x..(bahkan temen gw yang paling nakal (baca; paling berani), sampe tega diem2 ngembat tuh kartu diselipin dibajunya sambil pura2 milih2 mainan, abangnya ga tau, damn, kecil2 udah jadi maling, sebenernya gw pengen ikutan tapi ga berani ha3x.. ).

Tapi jaman terus berganti hingga akhirnya kartu ini ga tren lagi bersamaan dengan mulai pudarnya pamor gamenya, dan beralih ke kartu dragon ball yang lebih eksklusif bahkan ada versi hologram segala. Harga kartu dragonball saat itu juga lebih mahal, versi yang paling murah aja harganya Rp500 per lembar dan yang versi hologram bisa mencapai Rp2000 per lembar apalagi klo itu jenis kartu langka bisa mencapai Rp5000 sampai Rp8000 per lembar. Sesuai keadaan ekonomi, gw pun ga mampu ikut beralih tren, cuma temen2 gw aja yang ortunya kelebihan duit bisa ikutan tren, sedangkan gw? He3x.. gw tetep setia berburu kartu streetfighter ini, anggaplah hobi kelas teri (lagipula gw kurang suka dengan dragonball, tokoh2nya terlalu banyak, susah menghafalnya, beda dengan streetfighter saat itu yang masih konsisten dengan 12 tokoh, belum kayak sekarang yang tokohnya juga akhirnya jadi banyak, sampe bingung), malah dengan beralihnya tren, gw merasa beruntung karena berkurangnya saingan berburu kartu langka. He3x.. sampe akhirnya gw kelas 1 SMP demam streetfighter terus surut, kartu ini pun semakin sulit dijumpai dan bahkan hilang dari peredaran di abang2 mainan (halah). Duh, kadang klo nginget2 jaman dulu gini gw suka sedih tapi kadang ketawa, yang jelas gw kangen dengan masa2 kecil gw yang tergolong masa kanak2 yang menyenangkan. (mungkin klo ada pembaca yang punya koleksi sama kayak gw bisa tukeran he3x.., sampe sekarang gw masih mencari kartu yang temen gw miliki tapi gw ga punya, yakni gambar E. Honda yang sedang bergaya ‘jurus tindihan anak bayi’ klo ga salah serinya no 070)
Nih koleksi gw :

foto halaman pembukanya he3x, penuh tulisan2 norak khas anak SD

Ini termasuk kartu2 yang sangat langka, sangat gw jaga dan banggakan : Panah biru : yang ini unik karena gw dapetnya justru setelah koleksi kartu ini ga populer lagi, ketika gw udah kelas 1 SMP, Panah merah : Ini kartu paling langka, temen2 gw ga ada yang punya, nyari sampe ke abang mainan manapun ga ada he3x.

*dingdong = konon bahasa aslinya adalah arcade (entah kenapa dulu disebut sebagai dingdong, mungkin karena bentuknya yang kembar identik dengan mesin judi ketangkasan yang akan berbunyi ‘ding-dong’ setiap kali ada memenangkan permainan, makanya dulu ortu2 kita pasti ngelarang keras tiap kali mo main dingdong, pasti dibilangnya itu kan judi) , mesin video game yang terintegrasi langsung dengan monitornya, dimainkan dengan terlebih dahulu memasukkan koin, dulu biasanya ditemui di teras2 supermarket, sekarang biasa dijumpai di lobi bioskop atau di game2station

0 Comments:

Post a Comment

<< Home