Budzaemon Uncensored!: Matur Nuwun Mbah Darmo (Jakarta Hari Kemarin)

all about budzaemon & uncensored....

Friday, March 28, 2008

Matur Nuwun Mbah Darmo (Jakarta Hari Kemarin)

Ibarat Rossi yang selalu mencium tunggangannya setiap kali usai balapan sebagai ucapan terima kasih telah mampu mengantarkannya ke garis finish, semalam sepulang kuliah gw pun melakukan hal yang sama kepada tunggangan gw hari itu yakni si Tua Mbah Darmo. Ya, kondisi gw di hari kamis kemarin yang memang penuh tantangan akhirnya berbuah rasa syukur ketika seluruh aktivitas yang melelahkan ditutup dengan kegiatan memasukkan motor ke dalam garasi. Seolah lepas semua beban yang ada hari ini karena akhirnya bisa kembali ke rumah tercinta. He3x, sori klo bahasanya rada sentimentil, abis bayangin aja, kemarin, dengan mata ngantuk abis begadang (lagian salah sendiri, malem2 selesai nonton superstar show (huahahaha nonton acara ini adalah aib bagi mahasiswa komunikasi kayak gw) bukannya tidur malah iseng beresin rak buku, trus nulis blog sampe sempet2nya foto segala)

Pagi berangkat kuliah sempat dibikin kesal oleh orang2 di rumah, ketika di jalan pun, bujuug yang namanya orang ngantuk bawa motor rasanya ngambang gitu, berkali2 gw istighfar tiap kali hampir bengong (yah ini resikonya orang ngantuk bawa motor biasanya, bawaannya adalah bengong, dan itu berbahaya). Sampe di kampus mo sarapan ternyata Pakde belum buka, huuuh, ya udah deh masuk kelas dengan perut lapar, eeeh Pak dosen udah ada di kelas, langsung tanpa ujug2 ngasih materi yang cukup bikin gw makin ga loading pagi itu (bagus kepala gw ga keluar asep). Tapi gw termasuk golongan mahasiswa yang beruntung pagi itu karena banyak temen2 gw yang akhirnya ga bisa boleh masuk kelas oleh dosen karena kesiangan (untungnya si Mbak Japanholic bisa masuk, jadinya kan bisa jadi obat fresh, yeeee katanya mo ngelupain, iya,iya, jadi mari kita lupakan dan jangan diungkit2 lagi oke? Tapi matanya kok bukan ke dosen malah ke si mbak Buds?ya dikit2 gapapa deh itung2 penyemangat pagi, halaah). Mending sekarang perhatiin deh ni dosen ngomong apaan, biar cepet selesai, niat gw abis selesai ini kuliah, gw mo sarapan trus numpang tidur dulu di mesjid. Selesai kuliah? Damn, ternyata di mesjid ada acara dan rencana gw untuk sekedar numpang rebahan memejamkan mata dan mimpi sedikit ga jadi. Lho? Acaranya berbau2 yang gw kenal (he3x..) mulai dari Ustadznya, sampe nasyidnya, hmmm jadi inget jaman2 perjuangan dulu (klo istilah temen gw jamannya gw masih istiqomah,halah sekarang juga masih istiqomah, cuma caranya aja yang berbeda kaleee). Sebenernya pengen gabung ama tuh acara tapi isinya anak FE semua (berhubung juga itu gaweannya anak FE) ya udah mending gabung dengan anak2 HIMAKOM alias Himpunan Mahasiswa nongKrOng di kantin Mami, bareng sobat gw si Ajer yang kebetulan akhir2 ini sedang ‘dapet hidayah’ jadi klo ngomong ga jauh2 dengan Tuhan dan bahkan niatannya membuat tulisan yang dahsyat sudah diwujudkannya dengan memberikan draft tulisan ke gw untuk gw edit, judulnya aja udah syerem : Di Bawah Kalimat La illaha illallah (hmm, baguslah Jer, cuma jangan sampe nih tulisan ntar loe akuin sebagai wahyu, ntar nasib loe sama kayak Mushadeq). Tapi dasar Ajer, ‘tingkatan hidayahnya’ mungkin belum seberapa, cuma beberapa menit ngobrolin ‘samawi’ sisanya kembali ke ‘ardh’ lebih pasnya mungkin pake kata2 ‘maksiat’, apalagi klo bukan ngobrolin cewek, lha gw pun yang emang juga lagi lemah keimanannya (ha3x, gw kapan sih imannya kuat?) malah jadi nimbrung (yah namanya juga orang kurang tidur, lha apa hubungannya?), tulisan si Ajer malah gwmasukin tas dan gw bilang “nanti ya Jer, gw edit di rumah aja (itupun juga klo sempet he3x..)”.

Selesai dzuhur, inilah tantangan terbesar hari ini, yakni masuk kelas lagi dengan mata kanan serasa digelantungin tarzan, mata kiri digelantungin si cheetah. Belum sempet tidur dari tadi, OMG, mana bahasannya politik lagi, ya udah deh... ikutin aja, abis ini baru kita puas2in tidur. Dengan kondisi mata yang lima watt tiba2 dosen bikin kaget, tau2 gw ditanya, dengan jawabnya sekenanya gw jawab, alhamdulillah, jawabannya bener (yeach.. plok..plok..plok.., tepuk tangan buat Budi.. ya elah pertanyaan utk bocah 19 tahun dikasih ke orang 25 tahun, ya gencel lah, dijawab sambil merem juga bisa), tapi lho di pojokan ada si mbak itu lagi? Emang kita sekelas lagi ya? (Udah Bud, katanya mo lupain, mata loe ngantuk tapi masih lihai aja).

Abis ashar barulah gw bisa melaksanakan hajat gw, yakni sekedar memejamkan mata, tapi (entah karena emang ngantuk banget kali ya?) rasanya baru sebentar gw merem tiba2 udah dibangunin temen gw untuk masuk kelas jam ½ 5 (pas gw liat jam, lumayan nih gw merem dapet 1 jam). Sempet berbunga2 juga ketika melihat ketua kelas bawa2 lembar absen, yesss, dari gelagatnya sih dosennya ga masuk nih, tapi? si ketua kelas ngomong : Dosennya dateng ntar jam 5... DAMN. Dengan tampang lemes dan gaya ngambek bocah yang digiring masuk kelas TK, akhirnya gw jabanin juga deh (biarin dosennya seneng, dasar dosen ga tau diri, udah telat 1 jam, ngajar ga enak, suara pelan, ga berani tegas ke anak2, katanya lulusan UI, gimana sih? Makanya klo ga ada waktu ngajar, jangan berani2 teken kontrak buat ngajar donk, telat mulu gini, kebanyakkan ngajar di luar sih, nguber setoran ya Bu???<===ha3x, orang ngantuk klo ngedumel bisa sadis ya). Klo bukan karena gw inget jumlah duit yang gw bayar per semester rasanya gw pengen cabut aja dari nih kelas, abis di kelas juga dosennya kayak gini doank, nerangin tapi kayak sekedar gugurin kewajiban aja, mana catatan banyak banget lagi...udah, ikutin aja biar dosennya seneng!!(udah abis kesabaran gw). Sadis juga nih dosen bener2 selesai jam ½ tujuh.Langsung aja gw cabut ke mesjid dan maghrib, begitu siap2 mo balik, jaaah ujan gede banget, ya udah deh, sambil nunggu mending lanjutin yang tadi sempet ketunda (husssh pamali maghrib2 tidur, di masjid pula, aah sebodo amat lah pamali, kecuali klo ada ayat dan haditsnya, mata gw udah ngantuk banget, gw yakin Allah ngerti hambaNya yang emang kurang tidur ini..). Ga lama ujan berhenti dan tanpa banyak cingcong gw lagsung ke parkiran untuk cabut dari kampus keparat ini bersama si Mbah Darmo. Namanya jam pulang kantor, ya begitulah, macet gokil, sempet juga nerabas kubangan yang cukup gede di jalan raya pasar minggu (ga keliatan, parah nih) alhamdulillah ga jatuh, cuma shock depan mbah darmo sampe mentok, bunyi jdeeeg, keras banget, duh moga2 si Mbah kuat. Lanjut terus sampe Kalimalang lancar, tapi menjelang Lampiri, yaaaah macet gila ala lingkaran setan (itu lho istilah kemacetan yang ga bisa diurai, saling mengunci dari berbagai arah) mo ga mo ikut2an yang laen masuk ke komplek kontroler PDAM, awal2 sih enak mulus aspalnya, tapi berikutnya, maklum aja namanya lewat bantaran kalimalang, jadi serasa semi offroad campur grasstrack. Alhamdulillah Mbah Darmo sangat tangguh, tua2 keladi, mampu melewati itu semua, walaupun di depan2 gw ga sedikit motor2 yang tergelincir. Akhirnya, ketika ketemu belokan komplek gw.. ooohh indahnya, kebahagiaan yang sama di dalam hati dengan para korban holocaust ketika keluar dari kamp konsentrasi melihat konvoi tentara sekutu. Yaaah thx GOD,udah menguatkan gw hari ini, udah membuat gw sanggup ngelewatin semuanya, Matur suwun Mbah Darmo, gw udah bisa sampe rumah.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home