Budzaemon Uncensored!: Duel Maut

all about budzaemon & uncensored....

Thursday, April 10, 2008

Duel Maut

Masih berkisar tentang motor, iseng2 bikin perbandingan kedua tunggangan kesayangan gw ini, berikut ulasannya

Speed

Si Abang memang rajanya memanjakan nafsu ngebut gw dengan top speed terutama di flyover kalibata atw klender. Apalagi baru2 ini udah dipasang CDI programmable, jadilah si abang sekarang terus gw cari settingan yang pas untuk pelepasan gairah (halah) ngebut gw. Klo Mbah Darmo emang gw belum tau topspeednya berapa, soalnya sebelum sempet jajal, tuh speedo meter udah gw bongkar duluan demi mengejar tampilan jadul, tapi terasa jelas topspeednya jauh di bawah Si Abang (ya iyalah secara kapasitas silinder juga beda kelas). Jadi si abang Menang urusan Top speed

Gaya

Sebenarnya masing punya karakter sendiri2, si Abang gayanya lebih pas buat kesan racing look dan sensasi ‘pamer’ di jalan. Sedangkan si Mbah lebih kepada gaya jadul yang konservatif namun berkarakter kuat. Singkatnya si Abang buat memenuhi ambisi ‘sombong gw’ yang kadang meledak2 nah si Mbah buat pelarian ketika jiwa kalem, ego dan mellow gw lagi kumat. Posisi gw nyatakan Draw alias seri

Di Mata Cewek

Huahaha, jelas di mata cewek terutama cewek2 yang mestinya ke laut aje (halah bilang aja matre) si Abang lebih mampu mengangkat harkat dan derajat gw di depan mereka, ketimbang si Mbah. Apalagi si Abang udah sering gw pake buat boncengin berbagai cewek (yaah ketahuan deh, padahal dulu janji ke nyokap klo punya motor ga bakal boncengin cewek kecuali yang udah sah jadi istri, atw klo bener2 kepepet, halah kayaknya alasan yang kedua lebih masuk he3x..) mulai dari pacar beneran, pacar boongan, gebetan (ehm..), yang iseng2 doank (siapa aja tuh?), sampe cewek2 cakep ga punya otak yang matanya ijo klo ngeliat co pake barang bagus (di kampus gw banyak tuh, huahaha). Sedangkan pengalaman dengan si Abang belum pernah sama sekali karena juga boncengannya sempit (lagipula akhirnya gw sadar, naek motor itu enaknya sendirian, klo mo bonceng bilang suruh bayar bensin huahaha, ikut2an matre). So, di mata kaum hawa si Abang lebih memikat ketimbang Si mbah

Ergonomi

Jaaah, si Abang menang tampang doank, secara ergonomi, nih motor klo dipake di lalulintas Jakarta cuma bikin sakit pinggang doank. Si Mbah yang posisinya standar abis justru memberikan kenyamanan mengemudi yang ideal baik untuk jarak jauh maupun dekat. Karena si mbah ga bikin sakit pnggang jadi Si Mbah menang

Macet dan Parkir

Huahahaha, jelaslah, secara ergonomi si mbah mampu memberikan kenyamanan termasuk dikala macet, bisa nyalip2 seenaknya sedangkan si abang yang emang sudah mengalami modifikasi ala racing mewajibkan gw mengeluarkan tenaga ekstra setiap mengalami kemacetan, beloknya ga bisa patah, wheel base lebih panjang dan lebih berat (klo begitu dulu gw kuat juga yah, kan si Abang dulu gw pake harian selama lebih dari 1 tahun, jam2 kantor lagi…). Begitu pula ketika akan parkir, beeeh si Abang kadang ‘ngerepotin’ mulai dari beloknya, kekhawatiran takut kesenggol2, keamanannya he3x, klo si Mbah mah cuekkk, jadi si mbah menang lagi.

Jalan Rusak, Banjir, Dialihkan

Sebenernya keduanya sih tipe tangguh, si abang sering gw pake libas banjir dan alhamdulillah lancar2 aja (malah ada motor2 yang lebih mahal dan lebih terkenal mereknya daripada si abang yang mati pas sama2 lewat banjiran tsb) Cuma gw condong memilih si mbah, kenapa? He3x.. lebih kepada perasaan sayang aja, kasian si Abang klo buat lewat gitu2an, bukan peruntukkannya, klo si mbah mah cuek aja lah, motor butut ini, rusak atw lecet juga ga terlalu kepikiran (ha3x.. moga2 si mbah ga denger). Mbah…panjenengan menang lagi mbah…

Ekonomis

Si Abang sebenernya tipe motor batangan yang hemat, apalagi gw klo bawa ga pernah digeber2 (dulu sih, he3x..) kecuali klo lagi kumat, tapi semenjak si abang gw re-orientasikan untuk sekedar mengejar speed dengan berbagai perubahan di jeroannya otomatis menyedot lebih banyak bahan bakar (belum lagi si abang gw manjakan dengan pertamax yang sekarang harganya di atas 8000 gilaaaa). Jadi jelas si Mbah menang jauh untuk urusan ekonomis, apalagi di harga BBM yang makin naek gini, dengan premium 10 ribu si Mbah mampu bertahan hingga 3 hari (bahkan kadang bisa cukup sampe seminggu)

Ejekan

Keduanya pun sudah mengalami ejekan2 dari berbagai kalangan tapi yang paling dahsyat gw ambil adalah, satu si Abang, dicela polisi waktu kena razia STNK dan ketahuan belum bayar pajak: “Wah Mas, motornya cakep kayak gini tapi bayar pajak donk!” Sedangkan si Mbah, he3x.. baru aja tadi, dicela si Ajer “Bud, klo motor loe yang bawa si AS (itu lho cowok terganteng di kampus gw) pasti kliatan kayak ducati, tapi berhubung loe yang bawa, jadi kliatan makin jadul banget” (maksudnya klo tuh motor yang bawa orang keren bakal ikut keliatan keren, nah klo yang bawa orang tua (gw diceng2in sbg orang tua karena ya emang gw paling tua di angkatan 2006) makin kliatan tua) langsung gw jawab “ Sial, berarti motor disama2in sama muka ownernya donk, maksudnya gw tua banget klo gitu?” Ha3x.. jelas soal menuai ejekan si Mbah menang karena si majikan kecipratan ejekan pula he3x..

Mogok

Hm, predikat mogok tentunya si Mbah nomor satu secara frekuensi, maklum motor tua, ada aja troublenya (konon kata para penggemar motor tua yang beneran (klo si mbah kan motor tua gadungan) di situlah seninya), tapi walau begitu, si Mbah tergolong mudah dipantau dan diperbaiki klo mogok, paling klo ga busi, karbu dan terakhir kabel2 kelistrikan, dan bisa gw lakukan sendiri bahkan dalam kondisi di jalan sekalipun, karena memang ga repot mesti bongkar fairing segala, beda dengan si Abang klo mogok di jalan (walaupun belum pernah dan jangan sampe (paling kasus keabisan bensin doank)) bisa bikin lemes, mulai dari dorongnya yang berat hingga terbayang harus bongkar fairing klo mo cek busi. Terakhir kemarin paling parah si Abang mogok mati total di kampus (untungnya di kampus), sampe harus gw inapkan dan akhirnya besoknya gw angkut pake truk, habis 250.000 buat bayar truknya. Damn.. jadi soal mogok… si Mbah gw menangin.

Dari semuanya kayaknya yang menang si Mbah yah, he3x.. wajarlah lahir duluan jadi pengalaman banyak so pasti jadi pemenang.. oke deh mbah, selamat yah he3x.. <==kayak orang gila yah gw, kayak ginian aja ditulis2 (lah yang baca lebih gila lagi, wong tulisan orang gila kok dibaca he3x..)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home