Budzaemon Uncensored!: Ingin ‘Tertawa karena Cinta’? Baca Buku Ini

all about budzaemon & uncensored....

Sunday, January 21, 2007

Ingin ‘Tertawa karena Cinta’? Baca Buku Ini

Mungkin agak telat klo gw baru ngereferensi-in buku ini buat dibaca (kebiasaan deh si Buds, klo ga referensi film2 basi, ya buku yang udah basi.. ga guna banget sih ini blog he3x..). Tapi buku ini ga basi2 banget kok. Kenapa gw kasih judul kayak di atas? He3x.. soalnya klo ‘Menangis karena Cinta’ itu udah biasa banget<== ha3x.. pengalaman pribadi ya Buds?

Melalui buku ini kita diajak menertawakan cinta dengan segala fenomenanya. Adhitya Mulya bisa gw bilang sebagai orang jenius yang mampu menceritakan kejadian yang sebenarnya dekat dengan kehidupan kita sehari2 dan mengemasnya dengan sentuhan komedi yang cerdas. Mengapa cerdas? Yah sebuah komedi yang terdengar spontan tapi mengharuskan kita untuk sedikit memutar otak agar bisa tertawa. Klo boleh gw usul ke Bang Adhitya, cerita ini harus dibuat versi layar lebarnya seperti karya terdahulunya Jomblo (yah klo ga bisa dibikin versi layar lebar, minimal dibikin versi layar tancepnya, lho? Sama aja.. sama2... butuh kain putih lebar buat nontonnya..lho???) klo bisa tim penulis skenarionya dan sutradaranya tetap orang2 yang sama dalam Jomblo, soalnya mampu menerjemahkan dari bentuk imajinasi ke dalam bentuk visual (Hanung Bramantyo, the best...(walaupun salah satu temen gw pernah punya pengalaman buruk ama nih orang.. kena ‘semprot’ Hanung ha3x..(Ren, ceritanya kocak banget..) he3x.. ). Satu hal yang menurut gw unik, adalah gaya penulisan yang menggunakan footnote yang biasanya hanya ditemui pada buku ilmiah non fiksi (atw memang gw yang ga gaul, bahwa model kayak gini untuk buku fiksi sebenernya udah banyak..soalnya sebagai mantan mahasiswa jurusan penerbitan (beeeh.. sombong, iya donk karena ini jurusan satu2nya di Indonesia) yang pernah belajar anatomi buku, footnote dengan model ala Adhitya Mulya ini ga bakal di temui he3x.., berarti buku ini tergolong keluar pakem penerbitan). Klo diibaratkan, isi tulisan buku ini adalah jalur komunikasi verbal, nah... footnotenya yang menjadi jalur komunikasi non verbal penulis dengan pembaca.. dan itu menambah bumbu tawa dalam buku ini. Belum lagi filosofi2 romantis yang bertebaran di dalam buku ini dan filosofi2 tersebut diangkat dari realita kehidupan dan disajikan secara sederhana namun mengena.

Isi ceritanya? Hmm.. ga usah gw ceritain deh.. mendingan baca aja sendiri dijamin ngakak, walaupun di awal2 kita agak susah untuk masuk dan terbiasa dengan karakter2nya. Akhir ceritanya? Beeehhh, ceritanya aja ga gw kasih tau, apalagi akhir ceritanya, pokoknya surprised, unpredictable....(gw aja kaget he3x.. di situlah letak jeniusnya Bang Adhitya).. ahh ga usah panjang2 lagi buruan baca nih buku, klo lagi bokek, jurus gw bisa diterapkan yaitu : satu pinjem bukunya ama temen, ini paling nikmat, ga keluar duit, bisa baca puas, problemnya belum tentu temen kita punya nih buku, atw bahkan klo pun dia punya, belum tentu dia mo minjemin.. nah jurus kedua gw cuma butuh keteguhan mental dan urat malu : ke toko buku, cari yang udah kebuka (kan suka ada tuh buku yang buat preview), baca sampe puas.. he3x.. resikonya, diliatin satpam atw pramuniaga yang sok mondar-mandir tanpa sebab di dekat kita (pdhal maksudnya ngusir)...tips untuk jurus kedua, lebih baik jurus ini dilakukan ketika toko buku sedang rame2nya misal pada saat weekend.. nahh tuh jadi keramaian cukup menjadi kamuflase

Quotes favorit gw di buku ini (dan menurut gw itu yang terlucu) :

“....Kamu Ge, kamu saya pecat, saya terima lagi kerja dan saya PECAT LAGI!” <===ha3x.. gokil banget nih

0 Comments:

Post a Comment

<< Home