Budzaemon Uncensored!: Ada Midun di TVRI

all about budzaemon & uncensored....

Friday, January 19, 2007

Ada Midun di TVRI

Udah berhari2 ini setiap menjelang tengah malam, jari gw memencet remot TV menuju saluran TVRI. Ada apa gerangan? He3x... ada yang masih inget sinetron seri Sengsara Membawa Nikmat, itu lho yang diperankan oleh Sandy Nayoan sebagai Midun (dan nama Midun ini jadi terkenal untuk sebutan bagi sinetronnya..menerawang ke masa lalu, Budzaemon lagi maen galasin malem2 dengan teman2 sekitar rumah...

Budz : Eh gw udahan ah.. ada Midun...

Yang laen : iya... gw juga balik ah.. mo nonton Midun..)

Novel karya TULIS SUTAN SATI pada saat itu lebih dikenal lewat sinetron ini. Yups, menjelang tengah malam si Midun kini beraksi kembali di TVRI (walaupun kini, ini sinetron gambar n warnanya udah ga enak diliat mata (mungkin karena udah lama tadi, wong dulu pas sinetron ini diputer presidennya masih Eyang Suharto.. sekarang aja udah ganti Presiden berapa kali?).. makanya ditayanginnya malem kali ya, biar membantu orang2 yang insomnia agar segera tidur).

Selain Sandy Nayoan (eh gw punya temen masih ponakannya Sandy Nayoan lho, apa hub-nya coba?), ada Desy Ratnasari (yang saat itu masih perawan) berperan sebagai Halimah. He3x.. walaupun tayangan re-run çapa hayo coba tanyakan pada anak2 brotkes (broadcast maksudnya), tapi akhirnya gw pantengin juga nih sinetron.. huehehehehe... gile TVRI jam ½ 12 malem muterin sinetron, sinetron jadul lagi he3x...lumayanlah, sebagai pemuja masa lalu, bikin kenangan masa kecil lebih terbangun di otak ketimbang cerita si Midun..

Dulu di masa jayanya, sinetron ini (kesannya jadul banget) menjadi primetime di malam hari (cuma lupa, dulu tayangnya hari apa) dan dire-run lagi (tuh keluar lagi istilah re-run, jadi rupanya istilah ini sangat penting dalam tulisan kali ini, karena itu catat dan segera hubungi anak-anak brotkes terdekat agar dapat menikmati tulisan ini lebih lanjut) pada hari minggu siang.. aktingnya yang berbau teater dan setting yang kental dengan warna budaya melayu (terutama dari bahasanya yang seolah berpantun2an, (ya iyalah...ceritanya juga dari sumatra barat.. ) maksudnya bahasa yang dipakai itu bahasa tingkat tinggi dan ga norak, beda banget ama sinetron2 sekarang yang kadang sok puitis tapi malah jadinya najis) Misal pada dialog Halimah dengan Midun ketika memberikan rantang makan siang :

Midun : Ambo ini orang hukuman, terbiasa makan ransum beras bercampur gabah

Halimah : Jadi Uda menolak makanan yang sudah payah-payah saya masak ini?

Midun : Bukan begitu Uni, Ambo takut jadi tidak terbiasa makan makanan penjara <==jaaahhh mantap, sastra tingkat tinggi tuh

Dan yang terpenting masih ber-angle TVRI banget. Bingung? Coba bagi pembaca yang tidak pernah merasakan masa-masa TVRI (lho? Kesannya TVRI sekarang udah ga ada?) tanyakan kepada ortu kalian dimana perbedaannya angle sinetron sekarang, dengan sinetron TVRI kayak Losmen, Jendela Rumah Kita, Rumah Masa Depan, termasuk sinetron Komedi Putar (ini mah tergolong sinetron baru di TVRI, kok inget aja sinetron ini Budz? soalnya ada mantan gebetan gw di SMA yang ikut maen nih sinetron.. he3x..baca postingan Nick-Can?), trus bisa dirasakan unsur komedi yang tersirat dalam sinetron ini, dengan akting Herman Ngantuk (siapa tuh? Kenal ga? Dulu orang ini terkenal banget lho.. di persinetronan TVRI) sebagai Opas.. yah unsur komedi yang cerdas ala melayu, ga kayak sinetron sekarang, unsur komedinya dibuat2 plus pemainnya yang overakting (biasanya ditandai dengan ilustrasi musik sok lucu, dengan nada yang terputus2x menggunakan sound piano.. hmmm.. susah juga ngegambarinnya kecuali klo blog ini bisa bersuara kali ya.. he3x.. tapi semoga kebayang, gampangnya gini aja, tonton satu sinetron norak di TV (terutama sinetron2 ABG, anak sekolah..), trus lihat ketika ada kejadian (yang menurut sutradaranya) jenaka (padahal menurut kita sbg penonton jayus dan najis abis) pasti backsound ilustrasi musiknya seperti apa yang gw bilang, di semua sinetron...)

Sengsara Membawa Nikmat, gw kasih 4 jempol untuk sinetron seri di jamannya (bahkan hingga saat ini)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home