Budzaemon Uncensored!: IPA?

all about budzaemon & uncensored....

Tuesday, April 15, 2008

IPA?

Sembari menunggu macet di mikrolet mata gw melayang ke sebuah papan iklan les privat yang terpampang di pohon di pinggir jalan Kalimalang:

IPA? UAN? SPMB? jangan takut hub : bla..bla..bla...

Hey, coba kita baca dari awal : IPA? hmm, apa maksudnya yah? klo yg gw tangkep sih, dari semua tulisan itu adalah sebuah tujuan impian bagi siswa-siswi SMA. Yah, prestise jurusan IPA yang hebat, berisi anak2 pintar diperjelas dengan sistem saringan nilai yang ketat namun timpang. Mengapa gw bilang timpang? Status buangan pada jurusan IPS sangat jelas terasa (contoh pada SMA gw dulu (dan mungkin masih sampai sekarang)), siswa-siswi yang nilainya tidak memenuhi syarat maka secara otomatis masuk ke jurusan IPS. Maka momok sebagai jurusan buangan makin lekat pada siswa-siswi IPS. Padahal, klo mo adil seharusnya dalam menentukan jurusan IPS pun harus melihat nilai2 IPS, maka tidak mengherankan ketika dulu di kelas gw banyak juga anak2 IPS yang setiap ulangan akuntansi, antropologi, sosiologi, dan tata negara cuma bisanya nyontek (termasuk gw hehehe, tapi klo akuntansi gw ngerjain sendiri, soalnya ga ada waktu buat nyontek, wong bikin garis2 utk tabel aja udah ngabisin 1/2 jam). Siswa-siswi ini semakin tidak percaya diri ketika memang IPS menjadi 'biang' segala hal negatif di sekolah, mulai dari julukan brisik (emang iya sih he3x..), bandel (ah bandelnya relatif kok) hingga tidak pernahnya nilai jurusan IPS dijadikan ukuran peringkat keunggulan sekolah (yang dijadikan tolak ukur selalu nilai2 jurusan IPA).. yah, sudahlah mungkin memang nasib anak2 IPS selamanya menjadi anak buangan, maka wajar klo di papa iklan les privat itu IPS tidak menjadi tujuan impian, toh klo mo masuk IPS caranya mudah, ga usah belajar aja dijamin pasti nanti masuk IPS, beda klo mo masuk IPA yang harus mati2an begadang nyelesein itung2an mulai dari katrol, timbangan, orang tarik tambang, listrik sampe pusing mikirin rantai atom karbon (damn..)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home