Budzaemon Uncensored!: Takdir Pak

all about budzaemon & uncensored....

Tuesday, April 15, 2008

Takdir Pak

"Kenapa Patimura tertangkap? Seno?"

"Takdir Pak.."

Itu kutipan dari sebuah iklan televisi yang akhirnya terlintas di benak gw tadi pagi ketika melintasi macetnya Jakarta di sebuah mobil berwarna biru (bilang aja mikrolet), sementara jam mbak2 di sebelah gw menunjukkan pukul delapan menuju 8.30. Hari ini adalaha minggu terakhir menuju ujian Mid, dan gw wajib masuk karena selain untuk mengumpulkan tugas2 juga karena banyak amanah yg harus gw selesaikan di kampus, di antaranya tugas temen gw yang gw pinjem harus gw balikin hari ini. Kenapa gw di dalam mikrolet? motor kemana Bud?

Yah pertayanyaan itulah yang cukup membuat gw jengkel hari ini. Selesai keluar bengkel ceritanya kemarin tuh motor ga sempet gw jajal2 lagi, langsung masuk garasi dan dikerodong plastik biar ga keujanan. Pagi ketika berangkat semua baik2 saja hingga menjelang pertigaan Radin Inten, gw merasakan sesuatu yang ga beres. Apakah itu? Waks.. tuas perseneling gw kok ga ada, damn, pasti ini orang bengkel kemarin masang tuh tuas ga kenceng, sehingga ketika gw ganti2 gigi mungkin kenbdor dan hingga akhirnya lepas hilang entah kemana. Perasaan gw mungkin lepas ketika di daerah Curug, soalnya gw inget di situ gw masih sempet nurun2in gigi karena macet. Alhamdulillahnya, posisi gigi yang sedang masuk adalah gigi kecil, sehingga serasa naek motor matik (cuma rpm aja yang meraung), kebayang klo ternyata di gigi besar, tuh mesin bakalan mati ketika kopling gw lepas dan, pastinya gw mesti dorong tuh motor. Padahal ketika keluar rumah juga perasaan gw udah ga enak, kok nih motor kelistrikan DCnya mati semua (mulai dari klakson dan sen), sebenrnya berbahaya juga, tapi karena demi ingin mengumpulkan tugas, akhirnya gw paksakan juga hingga akhirnya sadar tuas persneling tadi lepas.

Klo udah begini ga mungkin gw paksakan ke kampus (masa gw ngampus cuma pake gigi 1 doank, pas macet sih gpp, lah klo pas butuh ngebut?) akhirnya gw putuskan untuk kembali ke rumah, naroh tuh motor dan siap ke kampus dengan mikrolet. Waktu utk balik arah aja udah memakan waktu, hingga gw liat jam di rumah ketika akan berangkat sudah menunjukkan waktu pukul 8.Sekarang ceritanya gw berlaku sebagai manusia yang tidak menyerah untuk kembali ke kampus dengan mikrolet walaupun waktu sudah semakin siang.

Menjelang Pangkalan Jati ada kejadian yang sempet membuat gw mengumpat pada seorang bapak di depan gw. Melihat gelagat macet di depan si supir tampaknya berniat untuk masuk tol

"Ini Cawang semua kan?"

dalam hati gw langsung bersorak Yes, sambil menjawab dengan PD dan lantang yang juga diamini oleh hampir seluruh penumpang "IYA"

eh tiba2 seorang Bapak di depan gw merusak kegembiraan seluruh penumpang mikrolet, dengan wajah lugu dan nada sok tak berdosa ala kakek2 bijaksana di sinetron(ha3x.. padahal gw keki berat) "Saya, di Cipinang"

Jaaaahhh, si supir yang tadinya mo ngambil arah tol akhirnya ga jadi.. dan? setengah jam akhirnya hanya bergerak 50-100 meter saja, benar2 kemacetan yang stag. Gw lirik jam mbak2 di sebelah gw (sumpah jamnya doank, ga mbak2nya he3x...), jam 1/2 9 huh... otak gw mulai hitung2an :

  1. Hari ini gw kuliah hanya satu makul saja, dan itu masuk jam 8
  2. Seandainya setelat2nya gw sampe kampus, pasti baru nyampe kampus jam 10an dan itu berarti mata kuliah udah selesai
  3. Keperluan utama gw ke kampus sebenarnya utk ngembaliin tugas temen gw yang w pinjem, sementara tugas ke dosne masih bisa dikumpulin besok2.
Akhirnya, dengan langkah ringan gw melangkah ke luar mikrolet sambil membayar dan gw menyebrang untuk balik arah, lho? ya udahlah, mungkin emang takdir (klo di tulisan gw yang lain gw sebut sebagai faktor X) hari ini gw ga bisa nyampe kampus, dengan cobaan yg tadi pagi dan gw berusaha ternyata setelah gw hitung2 hanya kesia2an klo dipaksain ke kampus, daripada buang2 waktu, mending gw balik ke rumah, masukin motor ke bengkel, dan bisa ngerjain yang lain..

Yah walaupun di dalam hati gw sangat kesal, dongkol, dan bingung ingin menyalahkan siapa (rasanya ingin menyalahkan Tuhan dengan pertanyaan : Ya Allah, gw cuma pengen kuliah, biar gw bisa melanjutkan pendidikan gw yang tertunda, tapi kenapa dikasih halangan yang kayak gini sih, minggu lalu gw udah ga masuk gara2 sakit) Fyuuuh, tiba2 ada pikiran yang membuat hati gw tenang, yah mungkin ini ujian dari Allah, hmmm, klo sedang dalam kondisi kayak gini biasanya gw inget kondisi paling minim yang pernah gw alami..supaya di dalam hati timbul kekuatan untuk tabah, ibarat kata, ah dalam kondisi yang lebih parah dari ini aja gw bisa bertahan, masa cuma kayak gini aja gw mesti menyerah.. so, ya sudahlah, mungkin ini yang disebut takdir, sekuat apapun kita berusaha klo emang 'ga jodoh' ga akan terjadi, namun yang terpenting adalah kita sudah mencoba.... akhirnya gw melangkah ringan menuju kembali ke rumah

0 Comments:

Post a Comment

<< Home