Budzaemon Uncensored!: Tertekan

all about budzaemon & uncensored....

Saturday, May 09, 2009

Tertekan

(dengan tidak mengurangi rasa hormat terhadap guru2 SD yang berjasa mengantarkan gw menjadi seperti sekarang ini, maaf Bu, maaf Pak, ini cuma curahan hati yang jujur)

Masih berhubungan dengan tulisan gw sebelumnya, apa yang terjadi klo box motor volume 10 liter kita paksa muatin dengan barang sampe 20 liter? Yang ada tuh box motor ga bakal bisa nutup, klo pun dipaksa yang ada tuh box motor malah rusak, ancur, klo pun bisa (misal ada keajaiban) dari sisi safety ga menjamin bisa aman di jalan karena emang melebihi kapasitasnya. Itu yang rasanya sedang mengganggu pikiran gw sekarang, rasanya otak gw ini ‘terlalu besar’ untuk sebuah kampus di Pasar Minggu ini, berkaca dari ‘perseteruan’ temen2 gw dengan dosen otoriter, super sombong (tapi sebenernya doi ga punya kapabilitas yang cukup buat ngajar nih mata kuliah), yang gw ceritain sebelumnya, bikin beberapa malem ini gw jadi ga bisa tidur, karena jadi emosi untuk ‘memikirkan strategi’ menghadapi tuh dosen minggu depan yang giliran gw ‘dibantai’ tuh dosen.

Pikiran gw jadi menerawang ke jaman SD. Yah perasaan tertekan kayak gini pernah gw alami selama 6 tahun ketika di SD. Kenapa? Dulu gw yang terbiasa mengkonsumsi buku2, majalah2, ‘dipaksa’ masuk sama ortu gw di sebuah SD Negeri yang masih tergolong kampung (yang disitu aja masih ada anak kelas 5 SD belum bisa baca OMG kok bisa naek kelas???) yang anak2nya masih demen maen comberan, sementara gw udah maen Nintendo. Dimana guru2nya yang ada serba text book dengan gaya orde baru, jadi klo loe punya jawaban yang beda sama yang tertera di buku Yudhistira berarti jawaban loe salah. Jaman dulu, mana ada anak SD yang tau berapa tinggi & berat patung Liberty, bagaimana fenomena fatamorgana dapat terjadi, penemu sikat gigi dan sejarahnya, berapa detik penerbangan pertama Wright bersaudara, siapa itu Leonardo Da Vinci, berapa derajat kemiringan rotasi bumi yang menyebabkan perbedaan musim, dsb klo ga sering baca majalah atau ensiklopedi (saat itu belum ada internet, SD2 Elit juga belum sebanyak sekarang, dulu SD Elit didominasi SD2 Kristen swasta yang keren abis, yang muridnya kebanyakan anak2 tajir dan kutubuku, dengan fasilitas semua ada). Beda sama SD2 sekarang yang udah modern dan mau terbuka dengan berbagai sumber pengetahuan. Hal itu yang bikin gw selalu masuk 3 besar (dan salah satu yang bikin gw frustasi adalah, gw ga akan pernah bisa jadi no 1, karena yang nomor satu adalah miliknya anak kepala sekolah, yang secara kapabilitas saat itu gw berani bilang : GW LEBIH PINTER DARI DIA) dan sering mewakili sekolah buat ‘seleksi2 konyol’ khas orde baru dan pasti gw selalu kalah ketika diadu sama SD2 Elit tadi. Apakah saat itu gw bangga? Klo liat nyokap gw ngambil raport dan liat rapot, gw merasa bangga, minimal anaknya selalu masuk jadi juara kelas, tapi dalam batin gw merasa tertekan ketika harus berhadapan setiap hari dengan lingkungan yang memaksa gw untuk ‘ikutan bodoh’ seperti mereka. Pernah suatu kali gw merasa kesal yang amat sangat kepada guru (sampe nangis gw saat itu) , ketika gw bilang garis kathulistiwa itu sama aja dengan garis equator, tapi karena di buku hanya tertera garis yang membelah bumi menjadi dua bagian utara dan selatan adalah garis kathulistiwa, so jawaban gw salah, damn!!!

Intinya gw saat itu tertekan karena harus diajar oleh orang2 yang ‘kapabilitasnya dibawah’ gw. Dan inilah yang gw rasakan sekarang terhadap tuh dosen mata kuliah Produksi Iklan Cetak dan Media Luar Ruang, sumpah gw bukannya mau nyombong atau merasa paling jago, tapi gw cuma ga tahan mesti pura2 bodoh demi nguber nilai dari tuh dosen. Pengen gw teriak :

BU! GW GA BUTUH ILMU DARI LOE, LOE GA USAH SOK NGAJAR2IN & NYALAH2IN GW. DULU GW UDAH PERNAH DAPET ILMU KAYAK GINI DI POLTEK SELAMA 6 SEMESTER, LEBIH LENGKAP!!! OLEH ORANG2 YANG LEBIH KOMPETEN DARIPADA LOE, YANG NGAJAR GW DULU TUH ORANG2 LULUSAN DESAIN ITB, ORANG2 PUSAT GRAFIKA INDONESIA, ORANG2 PUSAT PENELITIAN BAHASA INDONESIA, ORANG2 PRAKTISI PERIKLANAN!!! DAN MEREKA SEMUA RENDAH HATI!!! GA KAYAK LOE!!!

Emang sih Rasulullah SAW pernah bilang “Jangan menilai nasihat dari siapa orang yang memberikannya, tapi lihatlah isi nasihat tersebut..”

Pengen gw curhat ke Rasulullah SAW, “Yaa Nabi Salam alaik, masalahnya ‘nasihat’ berupa ilmu yang dikasih tuh dosen ga ada isinya…Cuma berisi kesombongan2 dia aja”

GW TERTEKAN!!!

Makanya buat temen2 yang bisa menuntut ilmu di tempat yang memiliki kompetensi dan kapabilitas yang bagus bersyukur deh, enjoy aja ketika kesulitan memahami pelajaran, sesungguhnya itu lebih nikmat, ketimbang loe udah paham seluruh pelajaran tapi ternyata pengajar loe yang ga ngerti apa2...

(Tulisan ini buat Tya di UNJ gimana skripsinya udah sampe Bab berapa? buat Stephanie di NTU Singapura udah jangan macem2 loe, turutin aja tuh dosen (jangan sampe ‘dilempar’ dari balkon kampus :-P), buat adek gw di UNSUD Purwokerto, sabar aja yah, mungkin udah jadi karunia Tuhan dalam keturunan, ternyata ‘otak kita terlalu besar’ untuk ini semua, kan seperti loe bilang : masuk UNSUD gampang, keluarnya yang susah)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home